2 Alasan VAR Mungkin Keliru Anulir Gol Arkadiusz Milik: Leonardo Bonucci Onside 50 cm?

admin - Liga Italia

Leonardo Bonucci bersitegang dengan Federico Fazio di laga Juventus vs Salernitana, Senin (12/9/2022)

IDNGoal.news – Kontroversi terjadi pada laga Juventus vs Salernitana pada pekan ke-6 Serie A 2022/2023, Senin (12/9/2022) dini hari WIB. Pada menit-menit akhir laga, wasit dan VAR menganulir gol Juventus yang dicetak Arkadiusz Milik.

Laga Juventus vs Salernitana di Allianz Stadium berjalan sangat seru. Di luar dugaan, Salernitana unggul dua gol pada babak pertama. Gol mereka dicetak oleh Antonio Candreva dan Krzysztof Piatek.

Juventus kemudian bangkit pada babak kedua. Bremer mencetak gol pada menit ke-51. Disusul gol Leonardo Bonucci pada menit 90+3. Setelah itu, ada gol Milik yang sayangnya dianulir wasit dan Juventus harus puas dengan skor 2-2.

Gol Milik dianulir karena Bonucci dianggap dalam posisi offside dan terlibat dalam permainan. Momen inilah yang kemudian memicu kontroversi. Berikut adalah dua analisis yang menilai gol Milik harusnya disahkan.

Posisi Candreva

Sky Sports Italia juga membuat sebuah analisis tentang kasus offside Bonucci pada duel Juventus vs Salernitana. Sky Sports Italia mengulas secara detail posisi berdiri Antonio Candreva sebagai orang terakhir di kubu Salernitana.

Candreva disebut berjarak 2.9 meter dari garis batas lapangan. Lantas, posisi tersebut dibandingkan dengan Bonucci. Kapten Juventus itu berjarak 3.42 meter dari garis batas lapangan.

Artinya, ada selisih antara posisi berdiri Candreva dan Bonucci. Sang kapten Juventus berada dalam posisi onside karena 50 cm di depan Candreva. Namun, wasit dan VAR memutuskan Bonucci offside.

Sebagai catatan, VAR punya agloritma khusus untuk memperhitungkan sudut kamera yang tepat guna menentukan posisi pemain dengan akurat. Sementara, tayangan Sky Sports Italia tidak memiliknya. Kepada DAZN, Lega Serie A memastikan keputusan offside Bonucci sudah menimbang posisi Candreva.

Kiper Tidak Berdaya

Dianulirnya gol Milik memang menjadi perdebatan yang seru. Sebab, gol ini tercipta pada momen yang krusial dan menentukan. Apalagi, posisi Candreva dan Bonucci sebagai orang terkait sangat tipis.

Mantan wasit Serie A, Luca Marelli, punya pendapat yang menarik soal kasus gol Milik. Luca Marelli tidak melihat perdebatan posisi Bonucci dan Candreva sebagai orang terakhir kedua tim.

Marelli melihat gerakan Bonucci tidak membawa dampak besar. Menurut Marelli, bahkan ketika Bonucci menyentuh bola, kiper Salernitana tidak akan berbuat banyak untuk bisa menepis sundulan dari Milik.

Jadi, Marelli menilai Bonucci yang tidak menyentuh bola tidak bisa dianggap terlibat dalam permainan. Akan tetapi, wasit dan VAR pasti memiliki pertimbangan tersendiri. Jadi, ini adalah masalah interpretasi dari wasit dan VAR.

Kata Pelatih Salernitana

Davide Nicola, pelatih Salernitana, merasa keputusan VAR sudah tepat pada kasus gol Milik. Justru, kata Nicola, apa yang terjadi pada duel Juventus vs Salernitana menunjukkan bahwa sepak bola punya kredibilitas.

“Kami sangat puas dengan performa yang kami tampilkan dan akan sangat mengecewakan untuk pergi dengan tangan kosong. VAR membuktikan olahraga ini memiliki kredibilitas,” ucap Nicola dikutip dari DAZN.

“Pemain yang offside (Bonucci) mencoba meraih bola, dia mengganggu permainan,” tegas Nicola.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?