2 Blunder Erik ten Hag Saat MU Dipermalukan Real Sociedad: Fred Jadi Nomor 10?

admin - Liga Inggris

Ekspresi Erik ten Hag ketika melatih Manchester United pada musim 2022/2023

IDNGoal.news – Manchester United menelan kekalahan saat berjumpa Real Sociedad pada matchday ke-1 Liga Europa 2022/2023, Jumat (9/9/2022) dini hari WIB. Pada duel di Old Trafford itu, United kalah dengan skor 1-0.

Gol penentu kemenangan Sociedad dicetak Brais Mendez pada menit ke-59. Mendez menembus gawang David de Gea lewat eksekusi penalti. Sociedad mendapat penalti usai wasit menilai Lisandro Martinez melakukan handball.

Hasil ini membuat United memulai Liga Europa dengan cara yang buruk, walau peluang lolos dari fase grup masih terbuka lebar. United akhirnya kalah setelah empat laga beruntun meraih kemenangan.

Erik ten Hag membuat sejumlah keputusan yang menarik dari aspek taktikal. Dan, berikut adalah dua keputusan manajer asal Belanda itu yang mungkin kurang tepat.

Merombak Starting XI

Sebelum berjumpa Real Sociedad, United meraih empat kemenangan beruntun. Pada empat laga tersebut, Erik ten Hag nyaris selalu menurunkan starting xi yang sama. Hanya ada perbedaan saat United berjumpa Arsenal, di mana Antony bermain sejak menit awal.

Nah, pada duel lawan Real Sociedad, ada banyak perubahan yang dibuat Erik ten Hag. Jika dibanding laga melawan Arsenal, maka ada enam perubahan dalam starting xi pilihan Ten Hag.

Banyaknya perubahan pada starting xi berpengaruh pada stabilitas performa United. Tak heran jika Ten Hag langsung memasukkan Bruno Fernandes dan Lisandro Martinez pada awal babak kedua agar United tampil lebih baik.

Kombinasi baru di lini tengah, Casemiro dan Eriksen, terlihat belum padu. Sementara, Harry Maguire bermain cukup rapi. Dia tidak melakukan kesalahan yang signifikan.

Fred Nomor 10?

Fred telah memainkan peran yang lebih ofensif pada era Ralf Rangnick. Bukan sebagai pivot ganda bersama Scott McTominay, Fred dimainkan untuk peran ‘nomor 8’. Dia diberi lisensi lebih untuk dekat kotak penalti.

Nah, Ten Hag memberi peran yang lebih menyerang. Merujuk pada grafis yang dibuat @markstatsbot, juga pada data Whoscored, Fred bermain layaknya pemain ‘nomor 10’ untuk United.

Grafis analisis laga Manchester United vs Real Sociedad di Liga Europa 2022/2023 (c) @markstatsbot
Grafis analisis laga Manchester United vs Real Sociedad di Liga Europa 2022/2023 (c) @markstatsbot

Skenario itu terjadi sepanjang babak pertama. Fred acap kali berada di depan Casemiro dan Eriksen. Fred menjadi pemain yang paling dekat dengan Ronaldo sebagai ujung tombak. Namun, rencana itu tak berjalan sesuai dengan rencana.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?