3 ‘Dosa’ Juergen Klopp Usai Liverpool Sepakati Harga Alisson

reza -

Juergen Klopp

IDNGoal.news – Kesepakatan Liverpool dengan AS Roma soal harga kiper Alisson Becker ternyata mengungkap dosa-dosa yang pernah dibuat manajer Juergen Klopp.

Dikutip dari Liverpool Echo, Liverpool siap menebus Alisson dengan harga £66,8 juta atau setara Rp1,25 triliun. Dengan kesepakatan itu, kepindahan kiper asal Brasil itu ke Anfield tinggal selangkah lagi.

Jika kepindahan Alisson ke Liverpool menjadi kenyataan, kiper 25 tahun itu akan menjadi penjaga gawang termahal dunia menggeser Gianluigi Buffon dengan harga £47,6 dan Ederson Moraes (£36 juta).


Rekor transfer ini yang sejatinya membuat Juergen Klopp memiliki dosa lantaran seperti mengingkari janji dengan mengkritik perekrutan Paul Pogba oleh Manchester United pada bursa transfer musim panas 2016.

Pada saat itu Man United mendatangkan Pogba dari Juventus dengan memecahkan rekor transfer dunia £89 juta. Tetapi bagi Klopp membangun sebuah klub harus dilakukan dengan kerja sama tim.

Juergen Klopp sempat menyatakan akan tidak akan membelanjakan banyak uang untuk satu orang pemain.

“Klub-klub lain bisa keluar dan menghabiskan lebih banyak uang dan mengumpulkan pemain top. Saya ingin melakukannya secara berbeda. Bahkan saya akan melakukannya secara berbeda jika saya bisa membelanjakan uang itu,” ujar Klopp ketika itu dikutip dari Sportbibble.

Menariknya, meski Man United membeli Pogba dengan mencetak rekor transfer tim asuhan Jose Mourinho itu bisa mengakhiri musim 2016/2017 dengan tiga trofi, Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa.

Sementara Klopp tetap bertahan tanpa mendapatkan trofi meski sudah mendatangkan Virgil Van Dijk yang juga mencatatkan rekor transfer sebagai bek termahal dunia. Banderol harga Van Dijk pada musim lalu pun mendekati harga Paul Pogba.

Berikut tiga ‘dosa’ manajer Juergen Klopp setelah Liverpool mencapai kesepakatan dengan Roma untuk harga Alisson:

Banderol harga Virgil Van Dijk sebagai bek termahal dunia mendekati harga Paul Pogba yang dikritik Klopp.

1. Alisson Bisa Pecahkan Rekor

Dengan harga £66,8 juta Alisson Becker bisa pecahkan rekor transfer kiper termahal dunia. Padahal, sebelumnya Klopp sempat menyatakan akan membelanjakan banyak uang dengan cara yang berbeda atau tidak hanya untuk satu pemain.

2. Van Dijk Bek Termahal Dunia

Menurut situs Transfermarkt, harga Virgil Van Dijk mencapai £70,92 juta atau yang paling mahal di dunia untuk ukuran pemain belakang. Angka itu melewati harga Aymeric Laporte yang direkrut Manchester City dari Athletic Bilbao.

Perekrutan Van Dijk ini sebenarnya dosa pertama Klopp setelah mengkritik pembelian Pogba oleh Man United. Karena faktanya, Klopp pun harus mengeluarkan uang yang banyak untuk memberli satu pemain.

3. Tetap Tanpa Trofi

Pada musim lalu Juergen Klopp telah membelanjakan £151,225 juta (sekitar Rp1,85 triliun) untuk belanja pemain, termasuk mendatangkan Van Dijk di bursa transfer musim dingin. Namun, pembelanjaan besar itu tidak juga memberikan trofi untuk Klopp.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?