4 Dampak Positif Kedatangan Erik Ten Hag di MU: Sekarang Sulit Dikalahkan

admin - Liga Inggris

Manajer Manchester United musim 2022/2023, Erik ten Hag

IDNGoal.news – Manchester United (MU) saat ini dipimpin Erik ten Hag. Kehadiran manajer asal Belanda itu sudah memberikan banyak perubahan di awal musim 2022/2023.

Erik ten Hag bukan hanya mengubah MU secara tim. Dia juga membuat beberapa pemain bangkit dan berkembang pesat.

Manchester United memenangkan empat laga terakhirnya di Liga Inggris 2022/2023. Hasil tersebut diraih setelah pasukan Erik ten Hag terpuruk pada dua laga awal dengan kekalahan dari Brighton dan Brentford.

Posisi MU di papan klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 pun menanjak pesat. Hingga pekan ke-19, mereka kini berada di posisi empat besar alias menembus zona Liga Champions dengan nilai 35.

Pencapaian MU tidak lepas dari peran tangan dingin Erik ten Hag. Yuk simak empat efek dahsyat sentuhan eks juru taktik Ajax itu dalam membawa MU kembali menuju era kejayaan.

MU Sulit Dikalahkan

MU terakhir kali merasakan kekalahan adalah saat tumbang di tangan Aston Villa pada 6 November 2022 di ajang Premier League. Setelah itu mereka selalu menang hingga menjelang pekan ke-20 Liga Inggris.

Setidaknya MU tidak pernah kalah dan bahkan selalu menang dalam delapan pertandingan kompetitif terakhir. Empat kemenangan mereka raih di ajang Liga Inggris.

Tiga kemenangan lainnya diraih dalam ajang Piala Liga Inggris atau Carabao Cup. Sementara satu kemenangan juga didapat Bruno Fernandes di Piala FA.

Bikin Rashford Gacor

Kedatangan Erik ten Hag di MU musim ini juga menjadi berkah bagi Marcus Rashford. Ia merupakan pemain yang paling menonjol di Old Trafford saat ini.

Marcus Rashford berhasil mengukir brace saat Manchester United bersua Charlton Athletic pada laga perempat final Carabao Cup, Rabu (11/1/2023). Dengan torehan tersebut, Rashford selalu mencetak gol dalam enam laga terakhir bersama MU.

Rashford berhasil mencetak tujuh gol dalam enam laga terakhir bersama Manchester United. Khusus pada laga melawan Charlton, pemain Timnas Inggris itu membuat brace.

“Kan sudah saya bilang berulang kali pada Anda, ketika Marcus Rashford menempatkan dirinya pada posisinya, satu lawan satu di kotak penalti, Rashford bakal cetak gol,” buka manajer Manchester United, Erik ten Hag, dikutip dari ESPN.

“Itulah yang Rashford lakukan saat ini. Jika Rashford tetap fokus dan terus melakukan apa yang dia lakukan, dia akan mencetak gol lebih banyak,” sambung manajer asal Belanda tersebut.

Bikin Tim Tanpa Beban dengan Keluarnya Ronaldo

Kiprah apik MU akhir-akhir ini tidak terlepas dari perginya Cristiano Ronaldo. Pemain Portugal itu diputus kontraknya oleh MU menjelang Piala Dunia 2022 setelah ia membongkar dapur timnya ke media.

Dengan perginya Ronaldo, MU justru dapat bermain lepas tanpa beban di setiap pertandingan. Saat kembali ke MU dua musim lalu, ia memang mampu membuktikan dirinya masih layak menjadi mesin gol MU dengan menorehkan 24 gol di semua. Namun, pada musim keduanya, atau pada musim ini, Cristiano Ronaldo mengalami kesulitan.

Faktor lainnya adalah memiliki gaji yang fantastis di MU. Pemain asal Portugal itu mendapatkan gaji 515.385 ribu pound per pekan, atau nilainya mencapai Rp9,4 miliar.

Nilai ini disebut lebih besar 100 ribu pound ketimbang pemain lain di MU, yang artinya CR7 masih menjadi pemain dengan gaji terbesar di Old Trafford. Erik ten Hag melakukan kebijakan untuk membatasi beban gaji pemain yang punya bayaran tinggi.

Berpeluang Borong 4 Gelar Musim Ini

MU tampil moncer pada musim ini. Bahkan, MU menjadi satu-satunya klub Inggris yang berpeluang merengkuh empat trofi juara atau quadruple pada musim ini.

Perlahan, manajer Manchester United, Erik ten Hag, mampu memperbaiki situasi. MU mulai akrab dengan kemenangan. Kepergian Cristiano Ronaldo juga membuat The Red Devils mulai jarang dilanda isu-isu terkait kondisi di ruang ganti.

Pada pekan ke-19, The Red Devils berada di posisi ke-4 dengan 35 poin. Manchester United tertinggal sembilan poin dari Arsenal yang berada di puncak klasemen. Jarak poin yang cukup jauh, tetapi masih banyak laga yang tersisa.

Selain Premier League, Manchester United juga punya peluang meraih gelar juara di Piala FA. Saat ini, United berada di putaran ke-4 Piala FA dan akan berhadapan dengan Reading. Lawan yang relatif mudah bagi United.

Carabao Cup menjadi trofi yang paling dekat dalam jangkauan United. Sebab, Setan Merah kini sudah berada di babak semifinal. Mereka berjarak tiga laga dengan trofi juara Carabao Cup.

Trofi keempat yang mungkin diraih tim racikan Erik ten Hag itu pada musim 2022/2023 adalah Liga Europa. Tim Setan Merah akan berjumpa Barcelona pada laga play-off 16 Besar.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?