5 Capaian Solskjaer ‘Si Guru Penjas’ di MU: Unbeaten Lawan Tuchel, 13 Poin dari Liverpool

robin -

Ole Gunnar Solskjaer

IDNGoal.news – Ole Gunnar Solskjaer mencatat prestasi apik usai membawa Manchester United lolos ke final Liga Europa musim 2020/2021. Ini adalah final pertama Solskjaer bersama Setan Merah sebagai manajer.

Final Liga Europa seolah menjadi jawaban dari Solskjaer atas kritik yang selama ini diarahkan padanya. Pria 48 tahun itu selangkah lagi akan membawa United meraih gelar juara.

Kritik menjadi teman akrab Solskjaer sejak menjadi manajer United. Ketika tim meraih hasil buruk, protes #OleOut, si guru penjas, manajer miskin taktik, selalu dialamatkan fans United pada Solskjaer.

Solskjaer memang belum meraih gelar juara. Namun, sejauh ini ada lima capaian yang cukup bagus darinya untuk United. Apa saja?

Kalahkan Jose Mourinho

Karir kepelatihan Solskjaer di United awalnya berada di bawah bayang-bayang Jose Mourinho. Namun, manajer 48 tahun itu kini bisa berdiri sendiri. Dia tak akan dibandingkan dengan Mourinho lagi.

Sebab, pada pekan ke-31 Premier League musim 2020/2021, Solskjaer mampu mengalahkan Mourinho. United menang dengan skor 3-1 atas Tottenham. Saat itu, United tampil solid dan layak mendapat apresiasi.

Kini, dari empat pertemuan lawan Mourinho [sebagai manajer Tottenham], Solskjaer punya dua kemenangan. Dia sekali kalah dan satu laga lain berakhir imbang.

13 Poin di Atas Liverpool

Musim lalu, Manchester United tertinggal jauh dari Liverpool di klasemen akhir Premier League. Liverpool menjadi juara dengan 99 poin, sedangkan United ada di posisi kedua dengan 81 poin.

Namun, hingga pekan ke-34 musim 2020/2021, situasi berbalik. United unggul jauh atas Liverpool, walau mereka tidak sedang berada di puncak klasemen.

Solskjaer membawa United meraih 67 poin dari 33 laga. Setan Merah unggul 13 poin dari Liverpool dengan jumlah laga yang sama.

Tidak Kalah Lawan Tuchel

Thomas Tuchel menjadi manajer yang naik daun di Premier League. Sebab, sejak ditunjuk sebagai manajer pada Januari 2021 lalu, Tuchel membawa Chelsea tampil bagitu impresif.

Chelsea tampil bagus dan mampu mengalahkan manajer top. Tuchel, sebagai manajer Chelsea, mengalahkan Jose Mourinho, Jurgen Klopp, Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, Diego Simeone, hingga Zinedine Zidane.

Solskjaer mampu membendung laju Tuchel. Walau tidak meraih kemenangan seperti Big Sam, tapi Solskjaer tidak kalah. Dia membawa United menahan imbang Chelsea dengan skor 0-0 pada akhir Oktober lalu.

Catatan Lawan Pep Guardiola

Solskjaer memang belum meraih gelar layaknya Pep Guardiola di Man City. Namun, jika merujuk hasil pertemuan keduanya, Solskjaer patut bangga dengan hasil yang didapat.

Sebab, dari delapan pertemuan dengan Guardiola, Solskjaer lebih sering menang daripada kalah. Pria awal Norwegia mampu empat kali mengalahkan Guardiola. Dia baru tiga kali kalah dan satu laga berakhir imbang.

Final Pertama

Final Liga Europa menjadi capaian terbaru yang diraih Solskjaer di United. Mereka melaju ke final usai menang dengan agregat 8-5 atas AS Roma. United tampil bagus pada leg pertama, menang 6-2 di Old Trafford.

Ini adalah final pertama Setan Merah sejak 2018 lalu. Sebelumnya, United gagal pada empat laga semifinal. Musim lalu, mereka gagal di semifinal Liga Europa.

Solskjaer juga tercatat sebagai orang pertama yang membawa United ke final kejuaraan Eropa sebagai pemain dan pelatih.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?