5 Pelajaran dari Hasil Imbang Juventus: Dadaaah Scudetto

robin -

Andrea Pirlo

IDNGoal.news – Juventus ditahan imbang Fiorentina dalam duel pekan ke-33 Serie A 2020/21, Minggu (25/4/2021). Bermain tandang, Juve pulang dengan 1 poin dari hasil imbang 1-1.

Skor ini jadi pukulan telak bagi Juventus. Satu poin tidak cukup untuk bersaing di papan atas, puncak klasemen kian jauh.

Juve kini tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 66 poin. Posisi itu tidak aman, mereka bisa tersalip Atalanta dan Napoli, andai kembali kehilangan poin.

Hasil ini pun membuat posisi Andrea Pirlo kian tak aman. Isu pemecatan Pirlo sudah mencuat sejak beberapa bulan lalu, dan kini isu itu semakin kuat.

Scudetto nyaris tak mungkin

Hasil imbang ini menahan posisi Juventus di peringkat keempat klasemen sementara. Dengan 66 poin, peluang Juve meraih scudetto musim ini sangat tipis.

Di puncak, ada Inter Milan yang memimpin dengan 79 poin. Masih ada 5 pertandingan sisa, tapi Inter bisa jadi juara lebih cepat.

Juve hanya mungkin jadi juara jika Inter terpeleset, itu pun dengan syarat Juve bisa terus menang.

Skuad belum memuaskan

Beberapa tahun terakhir Juve dikenal dengan skuad terbaik di Serie A. Mereka biasa membeli bintang-bintang yang baru mekar di klub Italia lainnya.

Kini, skuad Juve tampak tidak setangguh biasanya. Memang masih ada Cristiano Ronaldo, tapi satu pemain saja tidak cukup.

Lini tengah Juve ada di kelas medioker, barisan bek sudah uzur, dan Szczesny bukanlah kiper level top Eropa.

Berjuang demi Liga Champions

Jangankan bicara juara, di lima laga terakhir ini Juve harusnya berharap-harap cemas dalam perebutan tiket Liga Champions.

Mereka ada di posisi tiga, tapi tidak benar-benar aman. Juve bisa merosot ke peringkat empat jika Atalanta memenangi laga beriutnya.

Belum lagi masih ada Napoli yang bisa menyamai poin Juve jika menang. Persaingan mengamankan empat besar benar-benar ketat, Juve tidak boleh kehilangan poin lagi.

Pirlo out?

Narasi pemecatan Andrea Pirlo semakin kuat. Gosip ini mulai disuarakan fans sejak beberapa bulan terakhir karena tidak puas dengan cara kerja Pirlo.

Mereka sudah gagal di Liga Champions, dan kini hampir dipastikan gagal menjuarai Serie A. Padahal, dalam 9 tahun terakhir trofi Serie A jadi monopoli Juve.

Pirlo datang dengan taktik segar dan berani, kecerdasannya tidak perlu diragukan. Namun, pengalaman Pirlo sangat minim dan skuad Juve tidak cukup tangguh untuk utak-atik taktik.

Kebobolan Juve

Di laga ini Matthijs de Ligt tampil solid, tapi tidak dengan keseluruhan pertahanan Juve yang kebobolan banyak gol baru-baru ini.

Si Nyonya Tua tidak pernah meraih clean sheet dalam sembilan laga terakhir di liga. Juve terakhir kali meraih clean sheet kontra Spezia, Maret 2021 lalu.

Masalah pertahanan Juve jadi penyebab utama mereka kehilangan banyak poin musim ini. Jika tidak segera memperbaikinya di sisa musim ini, Juve bisa jadi gagal ke Liga Champions musim depan.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?