5 Pelajaran dari Kemenangan Chelsea Melawan Southampton: No Lukaku No Problem, Ada Werner!

robin -

Timo Werner

IDNGoal.news – Klub Premier League, Chelsea berhasil meraih kemenangan di pertandingan pekan ketujuh EPL. Menjamu Southampton, The Blues berhasil menang dengan skor 3-1.

Laga ini merupakan laga wajib menang bagi The Blues. Pasalnya Chelsea tengah mengalami dua kekalahan beruntun sehingga mereka butuh segera bangkit.

Di laga ini, Chelsea menghadapi Southampton yang terkenal sebagai tim kuda hitam. Meski dominan sejak awal, Chelsea sempat dibuat kewalahan menembus pertahanan The Saints.

Namun berklat kerja keras mereka, Chelsea berhasil menang dengan skor 3-1, padahal di menit 80 kedudukan masih imbang 1-1.

Dari laga tersebut, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik. Selengkapnya simak di sini.

No Lukaku, Werner Oke

Belakangan ini Chelsea tengah mengalami deretan hasil yang kurang baik. Salah satu penyebabnya adalah Lukaku yang mendadak mandul.

Striker Timnas Belgia itu kesulitan mencetak gol. Sudah empat laga beruntun Lukaku gagal mencetak gol bagi Chelsea.

Namun di saat Lukaku mandul, Timo Werner yang kerap dicap striker gagal di Chelsea jadi pembeda. Sang striker tampil sangat impresif sejak awal laga di mana ia membuat enam tembakan di laga ini, tiga kali lipat dari Lukaku yang hanya membuat dua tembakan.

Dari enam tembakan itu dua berbuah menjadi gol. Namun sayangnya satu golnya tidak disahkan oleh VAR.

Kartu Merah Jadi Pembeda

Southampton bisa dikatakan jadi lawan yang berat bagi Chelsea. Anak asuh Ralph Hussenhuttl itu sangat sulit ditembus oleh Chelsea, terutama setelah mereka mencetak gol.

Namun Chelsea beruntung karena James Ward-Prowse mendapatkan kartu merah di menit 78. Semenjak Ward-Prowse keluar, Chelsea lebih mudah untuk menembus pertahanan The Saints.

Chelsea juga beruntung bisa mencetak gol cepat, pasca Southampton bermain dengan 10 pemain sehingga mengacaukan koordinasi pertahanan mereka.

Judi Beresiko Besar Tuchel

Salah satu hal yang menarik di laga ini adalah keputusan Tuchel melakukan rotasi.

Tidak tanggung-tanggung, ia membuat empat pergantian di timnya pada laga ini. Yang mengejutkan ia memainkan beberapa pemain yang jarang tampil seperti Ruben Loftus-Cheek dan Callum Hudson-Odoi.

Namun ternyata perjudian Tuchel ini membawa dampak yang bagus karena Loftus-Cheek bisa dikatakan bermain dengan apik. Begitu juga Nathaniel Chalobah yang ia mainkan sebagai starter.

Teknologi: Pedang Bermata Dua

Di pertandingan Chelsea vs Southampton ini kita bisa belajar bahwa teknologi di sepak bola bisa menjadi kawan sekaligus lawan dalam waktu yang berdekatan.

Seperti contoh penggunaan VAR. VAR bisa dikatakan merenggut gol pertama Chelsea di laga ini yang dicetak oleh Timo Werner. Namun VAR juga yang membantu Chelsea menang karena VAR memeriksa pelanggaran Ward-Prowse yang kemudian berbuah kartu merah.

Selain itu gol Ben Chilwell pada awalnya tidak terlihat mata masuk ke dalam gawang. Namun berkat bantuan Goal Line Technology gol tersebut bisa disahkan.

Trevoh Chalobah, Masa Depan Chelsea

Chelsea nampaknya tidak perlu mengeksekusi rencana membeli bek tengah baru. Cukup memberikan Trevoh Chalobah kesempatan dan mereka akan mendapatkan bek tangguh di pertahanan mereka.

Pada laga ini, Tuchel memutuskan untuk mengistirahatkan Andreas Christensen. Sebagai gantinya ia memainkan Chalobah jadi starter.

Produk akademi Chelsea itu tampil nyaris sempurna di laga itu. Ia cukup tangguh saat bertahan dan ia berhasil membuka keunggulan Chelsea di laga ini.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?