5 Pelajaran dari Kemenangan Chelsea: Skor Tipis Juga Oke!

robin -

Thomas Tuchel

IDNGoal.news – Chelsea harus berjuang ekstra untuk mengalahkan Malmo dalam duel matchday 4 Grup H Liga Champions 2021/22, Rabu (3/11/2021) dini hari WIB. The Blues hanya menang dengan skor 1-0.

Kali ini Chelsea harus bermain tandang ke Swedia. Pertandingan berjalan sulit. Gol tunggal Chelsea dicetak oleh Hakim Ziyech di menit ke-56.

Kendati demikian, torehan 3 poin masih sangat berharga bagi The Blues. Saat ini mereka ada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 9 poin.

Chelsea masih butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan langkah ke fase gugur. Biar begitu, kemenangan kali ini terbukti sangat penting untuk pasukan Thomas Tuchel.

Setidaknya ada 5 pelajaran penting yang tersisa dari kemenangan Chelsea kali ini.

 

Menang tipis juga oke

The Blues sudah terbiasa menang dengan skor besar. Kali ini mereka hanya menang 1-0 lawan tim asal Swedia yang seharusnya mudah dikalahkan.

Bagaimanapun, skor tipis justru menunjukkan ketangguhan Chelsea. Pertanndingan berjalan alot dan mereka tahu caranya memenangi laga sulit.

Justru pertandingan seperti inilah yang akan membentuk dan mengembangkan mentalitas pemain The Blues untuk kembali meraih gelar juara.

Jagoan clean sheet

Chelsea boleh jadi hanya menang dengan satu gol, tapi yang lebih penting adalah kemampuan mereka menjaga gawangtidak sampai kebobolan.

Menurut Opta, sejak kedatangan Tuchel, Chelsea menorehkan catatan clean sheet terbanyak di semua kompetisi dalam wilayah lima liga top Eropa.

Torehan ini membuktikan ketangguhan Chelsea di lini belakang. Khususnya keberadaan Edouard Mendy sebagai kiper.

Gol Ziyech

Gol tunggal Chelsea kali ini datang dari kaki Hakim Ziyech, winger Maroko yang sempat kesulitan. Gol ini begitu penting bagi Ziyech yang kesulitan menemukan ritme terbaiknya.

Ziyech sempat dikritik keras karena membuang-buang kesempatan bermain. Dia tidak memaksimalkan menit bermain dengan baik, justru main buruk dan membuat kemampuannya diragukan.

Sebab itu, gol kali ini sangat penting bagi Ziyech pribadi. Kepercayaan dirinya akan meningkat dan performanya akan terus berkembang.

Andalkan Odoi

Callum Hudson-Odoi layak disebut sebagai salah satu senjata rahasia Thomas Tuchel. Odoi selalu bisa diandalkan dengan kontribusinya untuk membantu tim.

Menurut Opta, Odoi adalah pemain pertama dengan usia di bawah 21 tahun yang bisa membuat assist dalam dua pertandingan beruntun di Liga Champions untuk Chelsea.

Odoi baru 20 tahun, punya kemampuan serbabisa, dan terbukti siap jadi andalan Chelsea untuk masa depan.

Pulih perlahan

 

Thomas Tuchel harus dipusingkan dengan badai cedera yang menyerang skuadnya dalam beberapa pekan terakhir. Kini perlahan-lahan pemain terbaik Chelsea kembali pulih.

Laga ini jadi saksi kembalinya Christian Pulisic yang sudah menepi cukup lama karena cedera. Pulisic kembali di waku yang tepat, ketika Chelsea kehilangan Lukaku dan Werner.

Tentu tenaga Pulisic akan sangat dibutuhkan tim untuk kembali berjuang di Premier League akhir pekan ini.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?