5 Penyebab Arsenal Tumbang di Tangan Tim Promosi

robin -

Skuad Arsenal

IDNGoal.news – Arsenal mendapat hasil buruk pada laga pertama Premier League 2021/2022. The Gunners dipermalukan Brentford di Brentford Community Stadium, Sabtu (14/08/2021) dini hari.

Dalam pertandingan tersebut, Arsenal dipaksa takluk 2-0 oleh tim promosi tersebut. Dua gol dicetak oleh Sergi Canos pada menit 22 dan Christian Noorgard pada paruh babak kedua.

Atas kekalahan itu, Arsenal langsung terlempar ke papan bahwa klasemen Liga Inggris. Sementara Brenford kokoh memimpin sambil menunggu pertandingan yang lain.

Arsenal sebenarnya dijagokan untuk menjadi pemenang pada pertandingan ini, bahkan The Gunners langsung menebar ancaman. Namun, Arsenal harus mengakui kehebatan Brentford di penghujung laga.

Bermain Kurang Efektif

Arsenal sebenarnya memimpin permainan atas Brentford. Laman infogol mencatat bahwa pasukan Meriam London unggul dalam penguasaan bola 66 persen berbanding 34 persen.

Namun, keunggulan tersebut tidak dimaksimalkan dengan baik oleh anak asuh Mikel Arteta. Arsenal kesulitan mencari celah untuk menembus pertahanan Brentford.

Gagal Memaksimalkan Peluang

Laman infogol mencatat bahwa Arsenal memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1.20 pada laga kontra Brenford. Namun tidak ada satu pun gol yang berhasil dicetak oleh pasukan The Gunners.

Bahkan, sejumlah percobaan yang dilakukan oleh Folarin Balogun dan kawan-kawan selalu berakhir sia-sia. Padahal, Arsenal mencatatkan total 22 tembakan ke gawang David Raya.

Absennya Aubameyang dan Lacazette

Kegagalan Arsenal dalam memanfaatkan peluang ke gawang Brentford tidak lepas dari absennya dua pemain penting di lini serang. Yakni Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Menurut keterangan, kedua pemain tersebut tidak masuk dalam rombongan ke markas Brentford karena tidak enak badan. Padahal mereka sempat tampil di laga pramusim The Gunners.

David Raya Bermain Bagus

Kesulitan Arsenal untuk mencetak gol juga tidak lepas dari penampilan apik kiper Brentford, David Raya. Penjaga gawang asal Spanyol tersebut melakukan 4 penyelamatan bagus pada laga tersebut.

Salah satunya ketika David Raya menghalau tendangan Nicolas Pepe tiga menit jelang laga usai. Sehingga serangan yang dibangun Arsenal gagal membuahkan hasil.

Kesalahan di Lini Pertahanan

Dua gol yang bersarang ke gawang Arsenal tidak lepas dari kesalahan pemain bertahan. Gol pertama tercipta karena Calum Chambers tidak mampu menutup ruang tembak Sergi Canos.

Sementara gol kedua terjadi karena kesalahan antisipasi Ben White terhadap pantulan lemparan ke dalam Brentford. Kesalahan itu kemudian berujung gol untuk tuan rumah.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?