7 Pemain MU yang Jadi ‘Korban’ Formasi 3-5-2 Solskjaer: Bagaimana Nasib Jadon Sancho?

robin -

Ole Gunnar Solskjaer

IDNGoal.news – Ole Gunnar Solskjaer membuat kejutan besar saat Manchester United menang atas Tottenham dengan skor 3-0 akhir pekan lalu. Pada laga pekan ke-10 Premier League 2021/2022 itu, sang manajer mengubah formasi 4-2-3-1 menjadi 3-5-2.

Perubahan itu sukses besar. United bukan hanya meraih kemenangan, menurut Solskjaer, mereka juga mendominasi jalannya laga.

“Dari menit awal, performanya sudah bagus. Semuanya berjalan dengan baik. Setiap orang menunaikan tugasnya, kami menjauhkan bola dari David de Gea, dan meraih clean sheet. Dia sampai tak perlu melakukan penyelamatan berarti,” kata Solskjaer.

Kemenangan atas Tottenham dengan formasi yang ‘Conte banget’ memberi asa baru bagi United dan Solskjaer. Saat ini, Solskjaer sedikit lebih dari tekanan yang diterimanya dalam dua pekan terakhir.

Namun, jika Solskjaer mematenkan formasi 3-5-2, mungkin ada beberapa pemain yang akan menjadi ‘korban’. Siapa saja mereka?

Marcus Rashford

Tidak ada peran winger kiri untuk Marcus Rashford pada formasi baru racikan Solskjaer. Jika ingin bermain, maka Rashford harus menunggu daftar antrian di belakang duet Ronaldo dan Cavani.

Bagi Rashford, bermain untuk peran penyerang tengah bukan hal yang baru. Namun, dia lebih terbiasa dengan peran penyerang tunggul. Menarik untuk menanti aksi Rashford jika diduetkan dengan penyerang lainnya.

Mason Greenwood

Greenwood jelas menjadi korban dari formasi baru racikan Solskjaer. Sebab, pada formasi 4-2-3-1, Greenwood hampir pasti mendapat satu tempat untuk peran winger kanan. Greenwood pun bermain sangat baik pada peran ini.

Seperti Rashford, Greenwood juga bisa bermain sebagai penyerang tengah. Peran ini sudah dia mainkan pada level junior. Namun, melihat skuad United saat ini, ada banyak persaingan di lini tengah.

Jadon Sancho

Berbeda dengan Rashford dan Greenwood, Sancho adalah winger murni. Saat masih di Dortmund, dia pernah dimainkan untuk peran false nine. Sancho bakal sangat kesulitan jika harus bermain sebagai penyerang atau bek sayap.

Kemampuan bertahan Sancho tak cukup cakap jika harus menjadi bek sayap. Gary Neville pun mulai mencemaskan masa depan Sancho di United.

“Sancho, jika ia tidak hati-hati, akan berakhir sama persis seperti Donny van de Beek. Ia bermain dalam beberapa penampilan yang cukup mengerikan dalam beberapa [minggu] terakhir,” kata eks kapten United itu.

Donny van de Beek

Van de Beek sejatinya punya kesempatan untuk lebih sering bermain pada formasi 3-5-2. Sebab, dibutuhkan tiga pemain dengan tipe gelandang tengah pada formasi itu. Tapi, faktor lain membuat Van de Beek tetap kesulitan.

Hubungan Solskjaer dan gelandang asal Belanda itu tampaknya sudah tidak bagus lagi. Van de Beek memang masih rutin masuk skuad, tetapi untuk duduk di bangku cadangan. Formasi apa pun, sulit baginya untuk masuk tim utama.

Nemanja Matic

Matic tidak masuk daftar pemain saat United menjalani laga melawan Tottenham. Mungkin, ini adalah pertanda bahwa pemain asal Serbia itu bukan opsi utama untuk formasi baru racikan Solskjaer.

Matic punya kemampuan bagus sebagai pemain pivot. Matic punya distribusi bola yang bagus termasuk saat melakukan progresi. Tapi, Matic tidak terlalu cepat dan kemampuan fisiknya sudah menurun.

Anthony Martial

“Mereka berdua benar-benar bagus. Hari ini, mereka mencetak dua gol yang mengesankan,” kata Solskjaer untuk duet Cavani dan Ronaldo di lini depan United pada duel melawan Tottenham.

Pernyataan Solskjaer itu tentu menjadi kabar baik bagi fans United. Sebab, dua pemain yang selama ini diragukan bisa bermain bersama ternyata punya kecocokan. Tapi, ada pemain yang juga menderita karena hal itu.

Martial menjadi pihak yang dirugikan. Saat dia pulih dari cedera, Martial harus bersaing dengan Rashford dan Greenwood untuk menjadi pelapis duet Cavani dan Ronaldo.

Amad Dialo

Amad Diallo mungkin harus mengepak koper dan bersaing pindah dari United pada bursa transfer Januari 2022 nanti. Sebab, dengan formasi 3-5-2, sulit melihat Amad Diallo bakal masuk dalam rencana Solskjaer.

3-5-2 Solskjaer akan berubah menjadi 5-3-2 saat kehilangan bola atau diserang lawan. Fullback memainkan peran penting. Diallo adalah seorang winger murni. Sulit melihatnya untuk memainkan peran fullback. Diallo pun bukan seorang penyerang.

Diallo mungkin bisa mulai menghubungi agennya untuk bertanya soal minat Feyenoord meminjamnya awal musim lalu. Jika klub asal Belanda itu masih tertarik, ini adalah kesempatan bagus bagi Diallo untuk mendapat menit bermain.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?