8 Pembelian Terakhir Jose Mourinho saat Melatih Real Madrid, Bagaimana Nasibnya Sekarang?

robin -

Jose Mourinho

IDNGoal.news – Jose Mourinho adalah salah satu dari jajaran pelatih elit di dunia. Tak hanya prestasinya yang mentereng seperti juara Liga Champions bersama FC Porto hingga membawa Inter Milan meraih Treble Winners untuk pertama kalinya, Mourinho juga menjadi media darling lantaran beberapa momen kontroversial di sepanjang karirnya.

Pelatih yang kini menangani As Roma tersebut juga memiliki periode manis bersama Real Madrid. Bersama tim ibukota Spanyol tersebut, The Special One bertahan selama tiga musim dengan raihan tiga trofi termasuk membawa Los Blancos meraih gelar La Liga 2011/2012. Hebatnya, gelar La Liga tersebut menjadi istimewa karena Real Madrid sangat dominan dengan raihan total 100 poin pada akhir musim.

Deretan pemain berpengalaman serta beberapa wonderkid potensial berhasil didaratkan Mourinho di Real Madrid. Berikut 8 pemain terakhir yang didatangkan The Special One kala melatih Real Madrid yang dilansir dari Transfermarkt.

Raphael Varane

Kejelian Jose Mourinho dalam memantau bibit-bibit pemain hebat lagi-lagi terbukti ketika mendaratkan Raphael Varane ke Santiago Bernabeu. Varane yang kala itu berusia 18 tahun ditebus dari klub Perancis yaitu Lens dengan mahar 11 juta euro pada 1 Juli 2011.

Varane diharapkan bisa menjadi penerus duet centerback ikonik Madrid Pepe dan Sergio Ramos. Hasilnya pun memuaskan, dirinya menjadi pilar penting Real Madrid beberapa tahun mendatang termasuk hat-trick juara Liga Champions sebelum akhirnya melanjutkan petualangannya di Manchester United musim ini.

Jose Callejon

Jose Callejon menjadi prospek masa depan Real Madrid kala itu untuk menjaga kedalaman di sektor winger. Meski saat itu sudah memiliki Angel Di Maria hingga Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho mendatangkan winger potensial berusia 24 tahun yaitu Jose Callejon pada summer transfer 2011.

Sudah bisa ditebak, Callejon hanya bertahan 2 musim di Real Madrid karena gagal bersaing dengan sederet bintang lainnya. Kini di usia 34 tahun, Callejon berkiprah di Fiorentina setelah sebelumnya membela Napoli.

Nuri Sahin

Permainan impresif Nuri Sahin bersama Borussia Dortmund menjadi sensasi. Tak menunggu waktu lama, tawaran senilai 10 juta euro dari Real Madrid berhasil membawanya ke Santiago Bernabeu.

Sektor lini tengah Real Madrid pun kala itu sangat mentereng dengan beberapa pemain sekaliber Xabi Alonso dan Sami Khedira sebagai gelandang tengah, serta Mesut Ozil hingga Kaka pada spot gelandang serang. Hal ini membuat Nuri Sahin tak memiliki tempat di skuat utama Real Madrid. Nuri Sahin kini bermain di Antalyaspor di usianya yang menginjak 33 tahun.

Fabio Coentrao

Memiliki reputasi mentereng sebagai salah satu fullback terbaik di Liga Portugal, Fabio Coentrao membuat Jose Mourinho terpincut untuk mendatangkannya. Mahar 30 juta euro pun dibayarkan untuk mendatangkan Coentrao tak lama setelah meresmikan pembelian Raphael Varane dan Nuri Sahin.

Namun sayangnya, Fabio Coentrao gagal berkembang lantaran kalah bersaing dengan Marcelo yang sangat dominan di sektor left fullback. Kini di usianya yang menginjak 33 tahun, Coentrao berstatus free agent alias tanpa klub.

Hamit Altintop

Bursa Transfer musim panas 2011 menjadi momen yang sibuk bagi Jose Mourinho dan jajaran board Real Madrid. Nama lain yang digaet kali ini adalah pemain berpengalaman dalam diri Hamit Altintop.

Didatangkan secara gratis dari Bayern Munich, saudara kembar dari Halil Altintop ini hanya bertahan semusim di Santiago Bernabeu sebelum akhirnya pindah ke Galatasaray. Altintop memutuskan untuk gantung sepatu pada 2018 lalu dengan klub terakhir yang dibelanya adalah SV Darmstadt 98.

Luka Modric

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jose Mourinho ketika mendatangkan calon peraih Ballon d’Or di masa depan. Luka Modric yang menjadi hot item atas penampilan impresifnya bersama Tottenham Hotspurs memutuskan untuk bergabung bersama Jose Mourinho di Real Madrid.

Meski mengalami periode sulit di awal kedatangannya lantaran kesulitan menggeser Sami Khedira dan Xabi Alonso, Modric secara perlahan menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang berkualitas hingga akhirnya mampu memecah dominasi Messi-Ronaldo dalam memenangkan Ballon d’Or.

Michael Essien

Pada deadline day bursa transfer 31 Agustus 2012, Jose Mourinho resmi meminjam anak emasnya dari Chelsea yaitu Michael Essien. Dipinjam selama satu musim, Essien bermain dalam 35 pertandingan dan mencatatkan sebuah gol serta sepasang assist.

Sempat menyebar isu jika Essien dikabarkan kurang disukai pemain lain di ruang ganti lantaran Mourinho terlalu menjadikannya sebagai si anak emas. Meski begitu, kontribusinya selama masa peminjaman di Real Madrid berlangsung optimal di tengah badai cedera yang melanda Real Madrid kala itu.

Diego Lopez

Diego Lopez menjadi pemain terakhir yang didatangkan Jose Mourinho tepatnya pada bursa transfer Januari 2013. Dirinya didatangkan untuk menjadi backup Iker Casillas yang beberapa kali diterpa cedera.

Diego Lopez bahkan mampu menjadi kiper utama Los Blancos bahkan setelah Casillas sembuh dari cederanya. Diego Lopez yang kini berusia 39 tahun melanjutkan karirnya di Katalan dengan bergabung bersama Espanyol.

Tiga musim bersama Real Madrid menjadi landmark positif bagi karir Jose Mourinho tak hanya dari segi prestasi, namun juga deretan rekrutmen pemain yang menjadi sorotan. Mana yang jadi pemain favoritmu?

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?