Analisis Laju Apik Arsenal, Kok Bisa Sampai di Puncak Liga Inggris?!

admin - Liga Inggris

Skuat Arsenal merayakan gol Bukayo Saka ke gawang Liverpool di Emirates Stadium, Minggu (09/10/2022).

IDNGoal.news – Arsenal masih jadi tim terbaik di Liga Inggris 2022/23 sejauh ini. Setelah sepuluh pertandingan, Arsenal memimpin klasemen sementara dengan 27 poin, hasil dari 9 kemenangan dan 1 kekalahan.

Laju apik Arsenal ini tentu mengejutkan. Bahkan pasukan Mikel Arteta masih lebih baik dari Manchester City yang mengejar dengan 23 poin.

Situasi ini berbanding terbalik dengan musim lalu, ketika Arsenal terseok-seok di beberapa pekan awal. Sekarang, segalanya tampak jauh lebih baik untuk The Gunners.

Menariknya, skuad Arsenal yang sekarang tahu caranya menang meski harus menderita di lapangan. Lantas, apa yang membuat Arsenal terlihat berbeda?

Menganalisis Arsenal

Laju apik Arsenal ini juga diperhatikan oleh Rafael Benitez. Sebagai mantan pelatih di Liga Inggris, Benitez tahu betul betapa panasnya persaingan di papan atas. Dia menilai bahwa Arsenal sekarang memang sedang bagus.

“Menurut saya, mereka [Arsenal] sedang melaju dengan baik. Jika kita mau menganalisis pertandingan, bukan hanya menonton, kita akan melihat bahwa mereka telah melakukan banyak hal dengan tepat,” ujar Benitez.

“Mereka menerapkan garis tekanan tinggi, menguasai bola, mengalirkan bola dengan cepat, punya pemain-pemain gesit, lini serang yang sangat dinamis.”

“Begitu mereka kehilangan bola, mereka langsung menekan lawan dan merebut bola kembali dengan cepat,” imbuhnya.

Ambil risiko

Selain itu, Benitez juga menyoroti kerja dan keputusan-keputusan Arteta sebagai pelatih. Dia melihat bahwa Arteta berani mengambil risiko dalam menerapkan taktik timnya di lapangan.

“Mereka punya pemain bagus dalam duel satu lawan satu. Mereka memainkan umpan satu-dua, ada banyak hal bagus yang mereka lakukukan, termasuk garis pertahanan yang sangat tinggi,” sambung Benitez.

“Arteta berkata sendiri bahwa timnya membuat permainan jadi lebih mudah di area-area berbahaya. Ketika Anda sedang main bagus dan punya pemain bagus, Anda berani mengambil risiko itu,” tutupnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?