Andres Iniesta Berencana Ikuti Jejak Xavi Hernandez untuk Pulang ke Barcelona

admin - Liga Spanyol

Andres Iniesta berpose bersama Tsubasa Ozora dan Kojiro Hyuga.

IDNGoal.news – Jumlah pemain yang akan “pulang” ke Barcelona tampaknya akan bertambah. Baru-baru ini, Andres Iniesta mengungkapkan rencananya untuk kembali ke klub yang pernah dibelanya selam 16 tahun.

Iniesta sendiri masih aktif sebagai pemain di divisi teratas Liga Jepang bersama Vissel Kobe. Padahal, usianya sudah menyentuh 38 tahun.

Iniesta belum menunjukkan tanda-tanda akan pensiun sebagai pemain. Sekalipun pensiun, dirinya memastikan akan tetap berada di sepak bola.

Sebab, dalam satu wawancaranya bersama Jordi Wild di Youtube, Iniesta punya keinginan untuk bisa membela Barcelona lagi. Kali ini membela dalam kapasitas yang lain, bukan sebagai pemain.

Keinginan Iniesta

Apabila keinginan kembali ke Barcelona terwujud, Iniesta hanya ingin berada di ranah kepelatihan. Tidak ada keinginan bagi dirinya untuk mengemban peran lain.

Tentunya hal tersebut tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Iniesta masih punya kontrak dengan Kobe sampai 2024. Selain itu, Iniesta masih minim pengalaman melatih di level senior.

“Saya ingin kembali ke Barca. Saya ingin belajar dan bekerja di ranah kepelatihan atau sebagai direktur olahraga. Saya ingin melatih kemampuan saya di sana dan mari kita lihat ke depannya,” ucap dia.

Tidak sebagai Pemain

Iniesta pun menegaskan tidak akan kembali lagi sebagai seorang pemain. Usianya tidak lagi muda. Apalagi saat ini Barcelona sudah diberkahi talenta-talenta muda di dalam skuat.

“Bukan hal itu yang saya inginkan [kembali sebagai pemain],” ucap Iniesta.

“Tentu saya sangat senang jika bisa diberikan kesempatan tersebut, tetapi momennya sudah lewat. Tidak mungkin untuk bersaing lagi dengan para pemain yang ada di sana.”

Satu Pemain Lain

Pemain lain yang rencananya akan pulang adalah Lionel Messi. Tidak seperti Xavi yang pulang sebagai pelatih ataupun Iniesta yang tidak berminat untuk jadi pemain lagi. Messi tampaknya masih mungkin jadi pemain.

Pemain berusia 35 tahun itu masih aktif bermain dan tidak menunjukkan penurunan signifikan. Messi bahkan masih akan ikut serta di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akhir November mendatang.

Keputusan Messi untuk pulang ke Barcelona sendiri tergantung dari keputusannya setelah membela Argentina. Kontraknya di Paris Saint-Germain pada akhir musim 2022/2023, tetapi punya opsi perpanjangan kontrak.

Di saat yang bersamaan, presiden Barcelona Joan Laporta dan presiden PSG Nasser Al-Khelaifi menginginkan Messi untuk terus jadi kekuatan di tim mereka.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?