Antiklimaks Ajax Amsterdam: Sempurna di Fase Grup, Tersungkur di Babak 16 Besar!

admin - Liga Champion

Pemain Ajax Amsterdam merayakan gol Sebastien Haller ke gawang Besiktas di matchday 2 Liga Champions

IDNGoal.news – Ajax Amsterdam meraih hasil getir di babak 16 Besar Liga Champions musim 2021/2022. Sebab, mereka disingkirkan oleh Benfica. Padahal, Ajax tampil sempurna sepanjang laga fase grup.

Ajax kalah dengan skor 1-0 dari Benfica pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions, Rabu (16/3/2022) dini hari WIB. Gol tunggal pada laga di Stadion Johan Cruijff Arena itu dicetak oleh Darwin Nunez pada menit ke-77.

Hasil ini membuat Ajax harus angkat koper dari Liga Champions. Sementara, Benfica yang melaju ke babak perempat final. Benfica unggul agregat dengan skor akhir 3-2. Leg pertama berakhir dengan skor 2-2.

Hasil ini cukup mengejutkan. Walau secara teknis kekuatan Ajax dan Benfica cukup berimbang, Ajax lebih diunggulkan karena performa mereka di fase grup.

Antiklimaks

Striker Benfica Darwin Nunez menjebol gawang Ajax Amsterdam di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2021-22 di Johan Cruijff ArenA, Rabu (16/03/2022) dini hari WIB. © AP Photo
Pada Liga Champions 2021/2022 ini, Ajax memulai perjalanan dengan tergabung di Grup C. Ajax bersang dengan Sporting CP, Dortmund, dan Besiktas. Kekuatan masing-masing tim tergolong cukup berimbang.

Ajax bisa dikatakan melaju dengan sempurna di fase grup. Sebab, Ajax selalu menang pada enam laga yang dimainkan. Pasukan Erik ten Hag mampu mencetak 20 gol dan hanya kebobolan lima gol saja.

Di fase grup, hanya ada tiga tim yang mampu meraih hasil sempurna. Selain Ajax, dua tim lainnya adalah Bayern Munchen dan Liverpool. Kedua tim itu telah memastikan lolos ke perempat final dan Ajax gagal.

Selain meraih hasil sempurna di fase grup, Ajax juga sangat kuat di kandang. Sebelum kalah dari Benfica, Ajax selalu menang pada delapan laga kandang beruntun. Tapi, keperkasaan Ajax pudar di hadapan Benfica.

Sebastien Haller Tumpul

Salah satu faktor keperkasaan Ajax pada musim 2021/2022 adalah penyerang tajam Sebastien Haller. Pemain 27 tahun itu tampil sangat menjanjikan pada fase grup. Dari enam laga, Haller mampu mencetak 10 gol.

Haller juga mencetak satu gol pada leg pertama babak 16 Besar di kandang Benfica. Selain mencetak gol ke gawang Benfica, Haller juga mencetak gol ke gawang Ajax pada leg pertama alias gol bunuh diri.

Pada leg kedua, Haller tumpul. Dia tidak mampu menjadi pembeda bagi lini depan Ajax walau bermain penuh. Hasilnya, Ajax kesulitan mencetak gol dan harus menderita kekalahan dengan skor 1-0.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?