Arsenal Diklaim Bisa Meniru ‘Class of 92’ Manchester United, Setuju?

robin - Uncategorized

Skuad Arsenal

IDNGoal.news – Arsenal sedang memetik banyak raihan positif dengan para pemain mudanya. Jika mampu dibina secara tepat, tim berjuluk the Gunners tersebut sangat mungkin mengulangi kesuksesan ‘class of 92’ Manchester United.

Mikel Arteta secara konsisten mengorbitkan pemain mudanya, baik hasil rekrutan manajemen maupun jebolan akademi Hale End. Emile Smith Rowe, Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli adalah sosok belia yang kini menjadi sosok penting di Arsenal.

Pada laga kontra Sunderland di ajang Carabao Cup hari Rabu (22/12/2021) kemarin, Arsenal memberikan kesempatan pada pemain mudanya untuk unjuk gigi. Eddie Nketiah yang juga lulusan Hale End berhasil mengantongi hat-trick.

Satu gol lainnya disumbangkan oleh Nicolas Pepe yang direkrut dari Lille pada tahun 2019 lalu. Dan sebelum pertandingan usai, the Gunners menambahkan gol kelimanya lewat Charlie Patino yang merupakan keluaran terbaru dari Hale End.

Bisa Ulangi ‘Class of 92’

Patino merupakan bukti terbaru soal kehebatan akademi Hale End dalam memproduksi dan memberdayakan pemain muda. Ini mengingatkan publik pada ‘Class of 92’ yang dulu membantu Manchester United meraih beragam kesuksesan.

‘Class of 92’ beranggotakan pemain-pemain muda Manchester United yang dipromosikan Sir Alex Ferguson pada tahun 1992. Di antaranya kini dikenal sebagai legenda sepak bola, seperti David Beckham, Gary Neville, Paul Scholes dan Ryan Giggs.

Mantan pemain Arsenal, Paul Merson, meyakini kesukesan tersebut bisa diulang kembali di Emirates Stadium. “Anda bisa membayangkan apabila Nketiah masuk ke dalam tim dan tiba-tiba anda punya Smith Rowe di satu sisi dan Saka pada sisi lain atau Martinelli dan Smith Rowe mundur.”

“Maksud saya keempat pemain itu dan Charlie yang masih muda bisa, mereka bisa bertahan di Arsenal selama lima atau tujuh tahun. Siapa yang tahu? Bisa saja menjadi Manchester United yang berikutnya,” katanya kepada Sky Sports.

Pujian Buat Patino dan Luton Town

Hat-trick Nketiah ke gawang Sunderland membuat publik terkesima. Namun Patino berhasil mencuri perhatian berkat golnya di masa injury time. Ini adalah gol debut dalam laga debutnya pula buat Arsenal.

“Anda mendengarkan hal-hal yang baik dengan anak ini [Charlie Patino], dan bermaksud adil kepada Luton, anda mendengar dia berasal dari akademi Luton jadi pujian besar buat mereka,” kata Merson lagi.

“Dia sudah berada di sana sedari usia muda, anda tahu, dan mempelajari permainan sejak usia belia di sana, dan kemudian Arsenal datang dan mengambil alih,” pungkasnya.

Ya, Charlie Patino baru bergabung dengan akademi Hale End pada 2015, ketika usianya masih 11 tahun, dari Luton Town. Usianya sekarang masih 18 tahun dan memiliki potensi besar untuk jadi pemain hebat di masa mendatang.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?