Arsenal Masih Berpeluang Main di Eropa, Mikel Arteta: Posisi 7 Bukanlah Sebuah Kesuksesan

robin -

Mikel Arteta

IDNGoal.news – Manajer Arsenal, Mikel Arteta mengakui bahwa mengakhiri musim di peringkat tujuh klasemen bukanlah sebuah kesuksesan yang patut dibanggakan untuk tim sekelas The Gunners.

Saat ini Arsenal ada di peringkat sembilan klasemen Premier League dengan 58 poin. Meski demikian, tim Meriam London masih punya kesempatan bermain di kompetisi Eropa musim depan.

Hal tersebut terjadi berkat adanya kompetisi baru bernama Conference League. Syaratnya, Arsenal harus mengalahkan Brighton, sembari berharap Tottenham dan Everton kehilangan poin di pekan penutup, Minggu (23/5/2021).

Kans Finis di Atas Spurs

Jika skenario tersebut berjalan mulus, maka Arsenal bakal sekaligus finis di atas sang tetangga, Tottenham untuk kali pertama sejak 2016 silam.

Arteta pun akan merasa senang jika timnya bisa mewujudkan hal tersebut guna membuat para pendukung The Gunners bisa mengakhiri musim ini dengan senyuman.

“Apa pun yang ada di tangan kami untuk membuat mereka [fans] bahagia dan untuk membantu kami berada di tempat yang lebih baik hari ini, semuanya positif,” ujar Arteta seperti dikutip Daily Mail mengenai prospek timnya finis di atas Spurs.

Kans Main di Eropa

Lebih lanjut, Arteta juga mengaku bakal gembira jika Arsenal tetap bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan, meski jika kompetisi tersebut hanya selevel Conference League.

`”Kami telah berpengalaman dalam beberapa tahun terakhir betapa sulitnya berada di Liga Europa dengan jumlah pertandingan dan perputaran singkat sepanjang waktu di Premier League,” tutur Arteta.

“Ada banyak sejarah dengan tim-tim yang terlibat di Liga Europa, dan konsekuensi negatif yang ada di posisi Premier League. Tapi kami telah mencoba untuk memberikan yang terbaik, kami sedikit kekurangan, tapi klub ini harus berada di Eropa,” imbuhnya.

“Mari kita coba mengakhiri musim setinggi mungkin dan kemudian setelah kita akan menentukan, begitu kita terlibat, apa cara terbaik untuk melakukannya.” tandasnya.

Pengakuan Arteta

Terlepas dari prospek timnya tetap bisa main di kompetisi Eropa, Arteta mengakui bahwa finis di peringkat tujuh bukanlah sebuah kesuksesan untuk tim sekelas Arsenal.

“Tidak, ini bukan tempat yang kita inginkan. Fakta bahwa kami tidak memiliki gelar yang begitu dekat untuk direbut karena kami tidak berada di final Liga Europa membuat sulit untuk melihat lebih banyak hal positif,” kata Arteta.

“Tapi kami tersingkir di babak 16 besar Liga Europa musim lalu dan banyak hal telah dilakukan yang sangat diperlukan di musim ini yang tidak terkait dengan hasil,” lanjutnya.

“Di liga kami memiliki dua poin lebih banyak dari musim lalu, tetapi itu jauh dari tempat yang kami inginkan. Pada akhirnya, kami di sini untuk menang.” tukasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?