Arsenal Salah Besar Pecat Unai Emery, tapi Arteta Boleh Juga Kok

admin - Liga Inggris

Unai Emery saat masih menangani Arsenal

IDNGoal.news – Arsenal diminta memberikan dukungan penuh pada Mikel Arteta untuk mengembangkan tim. The Gunners sudah pernah membuat kesalahan memecat pelatih, hal yang sama tidak boleh terulang.

Sebelum Arteta, Arsenal ditangani oleh pelatih asal Spanyol Unai Emery. Pengalaman Emery cukup impresif, dia pun dipercaya menjadi suksesor Arsene Wenger pada tahun 2018 lalu.

Musim pertamanya, Emery menuntun Arsenal finis di peringkat kelima, tidak terlalu buruk. Namun, segalanya jauh lebih sulit di musim kedua, Emery mulai tertekan.

Nahasnya, Emery hanya bertahan 18 bulan di Emirates Stadium. Pihak klub mengambil keputusan ekstrem dengan memecatnya dan menunjuk Mikel Arteta sebagai pengganti.

Kesalahan besar

Saat itu pemecatan Emery tampak sebagai keputusan tepat, diduga dia kesulitan beradaptasi. Namun, seiring waktu berjalan, kualitas Emery kembali terbukti di Villarreal.

Emery berhasil menuntun Villarreal jadi juara Liga Europa musim 2020/21. Dia main apik. Timnya main apik, karena itu Arsenal dianggap telah melakukan kesalahan besar.

“Arsenal membuat kesalahan ketika membiarkan Emery pergi,” ujar Jose Enrique, mantan pemain Liverpool.

“Emery adalah pelatih top dan di Inggris mereka terlalu banyak bercanda soal gaya bicaranya.”

Dukung Arteta

Enrique merasa bahwa Arsenal seharusnya bisa lebih baik di bawah tangan Emery. Kini, bersama Mikel Arteta, tentu The Gunners harus memberikan dukungan maksimal dan menghindari kesalahan serupa.

“Mereka salah memecat dia [Emery], tetapi saya pun sangat percaya pada Mikel Arteta. Sebab dia telah melakukan hal hebat bersama pemain-pemain muda, meski akhirnya mereka gagal ke Liga Champions,” tandasnya.

Laju Arsenal di musim 2021/22 memang cukup apik, tapi lagi-lagi mereka kurang maksimal di momen-momen penting. Jadi, pihak klub didesak memberikan dukungan untuk Arteta di bursa transfer nanti.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?