Barcelona Jadi Klub Pertama yang Habiskan Setengah Miliar Euro Hanya untuk Gaji Pemain

reza - Liga Spanyol

Barcelona

IDNGoal.news – Menyebut Barcelona sebagai salah satu klub terbaik di dunia tampaknya bukan main-main. Terbukti, jawara La Liga ini adalah klub pertama dalam sejarah yang menghabiskan setengah miliar euro hanya untuk membayar beban gaji pemain.

Mengutip Reuters, statistik tersebut merupakan hasil studi KPMG, yang menganalisis skuat dan finansial juara delapan liga top Eropa. KPMG menyimpulkan bahwa beban biaya staf Barca meningkat 42 persen dalam setahun terakhir.

Hal ini terjadi pasca Barca membeli Philippe Coutinho dari Liverpool pada Januari 2018 lalu seharga 160 juta euro. Setelah pembelian itu, beban gaji Barca meningkat jadi 562 juta euro dalam setahun.

Bukan hanya Coutinho, pengeluaran masif Barca ini terjadi setelah kedatangan Ousmane Dembele dan pembaruan beberapa kontrak pemain mereka, termasuk sang megabintang, Lionel Messi, yang mendapatkan gaji terbesar di Barca.

Setelah Barca, di posisi kedua ada PSG dengan beban gaji sebesar 332 juta euro, meningkat 20 persen dari sebelumnya. Pun demikian, jarak PSG dengan Barca cukup jauh, sekitar 200 juta euro.

Uniknya, Manchester City yang dinilai sebagai klub boros justru tak terlalu mencolok. Beban gaji Man City justru merosot lima persen dari tahun sebelumnya, hal ini terjadi lantaran Man City mulai gemar berinvestasi pada pemain-pemain muda.

Di sisi lain, analisis tersebut menilai Man City sebagai tim paling berharga dengan nilai total 1.182 miliar euro.

Pula, KPMG menganalisis bahwa nilai Lionel Messi sudah tak terlalu mahal. Sebagai pemain yang mulai mendekati usia pensiun, Messi hanya bernilai 203 juta euro.

Messi kalah dari duo PSG, Neymar dan Kylian Mbappe. Neymar dinilai berharga 229 juta euro, dan Mbappe dengan 215 juta euro.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?