Barcelona vs Atletico Madrid: Blaugrana Bagus, Colchoneros Lebih Bagus

robin -

Ronald Koeman

IDNGoal.news – Barcelona akan menghadapi Atletico Madrid pada laga lanjutan La Liga 2020/2021. Laga ini akan dihelat di Camp Nou, Sabtu (08/05) malam WIB.

Laga ini hampir bisa dipastikan bakal berlangsung sengit. Pasalnya, Barcelona dan Atletico saat ini sama-sama berada di papan atas klasemen sementara La Liga 2021. Atletico berada di peringkat pertama klasemen sementara, sedangkan Barcelona berada satu peringkat di bawahnya. Tentu, soal gengsi akan berbicara dalam pertandingan ini.

Selain itu, ketika kompetisi memasuki pengujung, kedua tim tersebut tentu ingin meraih tiga poin demi membidik peluang mengakhiri musim di peringkat teratas. Bagi Barcelona, peluang menyalip Atletico terbuka lebar. Jika meraih kemenangan, mereka akan mengkudeta Atletico dari puncak klasemen.

Jelang laga sengit antara dua tim papan atas La Liga ini, ada sejumlah catatan yang bisa dijadikan gambaran untuk menerka peluang kedua tim. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Rekor Barcelona Lebih Mentereng

Perjumpaan Barca dan Atletico pada akhir pekan ini akan menjadi yang ke-215 bagi kedua tim. Laman Worldfootball mencatat, pertemuan pertama kedua tim ini terjadi pada Semifinal Copa del Rey musim 1925/1926 lalu ketika Atletico mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2.

Dalam 214 pertemuan sejauh ini, catatan Barcelona lebih vbagus ketimbang rekor Atletico. Los Blaugrana meraih 95 kemenangan. Atletico sendiri baru meraih 68 kemenangan. Sementara, 51 laga sisanya berakhir imbang.

Untuk urusan produktivitas gol pun, Barcelona lebih garang ketimbang Los Colchoneros. Dalam 214 persuaan dengan Atletico, mereka sudah mencetak 399 gol. Sementara, Atletico ‘baru’ mencetak 317 gol ke gawang Barcelona.

Barcelona Rajin Cetak Peluang Berkualitas

Musim ini, Barcelona menjadi tim dengan catatan bagus dalam soal penyerangan. Mereka memiliki catatan sebagai tim dengan kualitas peluang tertinggi di La Liga sejauh ini.

Laman Understat mencatat bahwa mereka memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 77,63.

Para penggawa Barcelona pun mampu memanfaatkan dengan baik peluang-peluang berkualitas yang mereka miliki tersebut. Untuk urusan mencetak gol, Lionel Messi dan kawan-kawan menjadi yang terbaik saat ini. Mereka telah mencetak 80 gol sejauh ini.

Di sisi lain, untuk urusan pertahanan, catatan Barca tak sebaik lini serang mereka. Barcelona memiliki nilai expected goals against (xGA) sebesar 36,89, hanya berada di peringkat keenam.

Namun, anak asuh Ronald Koeman ini masih beruntung karena dari nilai xGA sebesar 36,89 ini, gawang mereka hanya kebobolan 33 gol. Catatan ini menempatkan mereka berada di peringkat keempat dalam daftar tim La Liga 2021 yang paling sedikit kebobolan musim ini.

Benteng Atletico Kokoh

Berbeda dengan Barcelona, Atletico memiliki kelebihan dalam pertahanan mereka. Laman Understat mencatat bahwa skuad besutan Diego Simeone ini memiliki nilai xGA sebesar 31,61, berada di peringkat kedua di antara tim-tim La Liga musim ini. Artinya, Atletico jarang memberi kesempatan lawan untuk menciptakan peluang membobol gawang mereka.

Untuk urusan kebobolan, catatan Atletico lebih bagus lagi. Sejauh ini, mereka baru kebobolan 30 gol. Mereka merupakan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di La Liga sejauh ini.

Di sisi penyerangan, Atletico Madrid memiliki nilai xG sebesar 50,92, yang hanya berada di peringkat keenam. Namun, Luis Suarez dan kawan-kawan sangat ciamik dalam memanfaatkan peluang-peluang yang mereka miliki tersebut.

Walhasil, mereka mampu mencetak 61 gol, yang menjadikan mereka menempati peringkat kedua dalam daftar tim paling produktif sejauh ini. Jauhnya selisih positif jumlah gol yang dicetak dengan nilai xG ini menunjukkan ketajaman para penggawa Atletico Madrid dalam memanfaatkan peluang, yang secara matematis, tak terlalu bagus.

Barcelona Bagus, Atletico Lebih Bagus

Laman statistik Understat menilai, dengan performanya sejauh ini, Barcelona seharusnya memiliki nilai 71,39 dan memimpin klasemen sementara La Liga.

Namun, kenyataannya, Barcelona sukses meraih meraih 74 poin. Artinya, raihan poin mereka saat ini lebih bagus ketimbang yang diprediksi. Kegagalan mereka menempati peringkat pertama, seperti yang diprediksi, lebih karena ada tim lain yang menunjukkan performa lebih ciamik.

Tim yang menunjukkan performa lebih ciamik tersebut adalah Atletico Madrid. Laman Understat mencatat bahwa Atletico seharusnya memiliki raihan poin sebesar 59,39 dan berada di peringkat lima klasemen sementara.

Namun, kenyataannya, Atletico sukses meraih 76 poin yang menempatkannya di puncak klasemen sementara. Ini menunjukkan bahwa kedua tim sama-sama menunjukkan overperformance. Barcelona bagus. Namun, Atletico lebih bagus lagi. Bisa jadi inilah yang membuat laman Infogol menjagokan Atletico bakal menjadi kampiun La Liga musim ini.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?