Bayer Leverkusen Tunjuk Xabi Alonso Sebagai Pelatih Baru untuk Angkat Tim dari Zona Degradasi

admin - Bundes Liga

Xabi Alonso

IDNGoal.news – Bayer Leverkusen menepati janji untuk memecat Gerardo Seoane setelah dikalahkan FC Porto 0-2, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB. Penggantinya kini adalah Xabi Alonso.

Seoane memang sempat mendapatkan ultimatum beberapa laga sebelumnya. Namun, manajemen tidak buru-buru mengambil tindakan sembari menunggu perbaikan hasil dan mencari pelatih baru yang tepat.

Bagaimana tidak, Leverkusen terjerembab di peringkat ke-17 klasemen sementara Bundesliga 2022/2023. Tim yang lolos Liga Champions ini hanya menang sekali dari delapan pertandingan.

Ultimatum pun akhirnya diberikan kepada Seoane. Kepastian nasibnya akan ditentukan pada pekan ke-3 Liga Champions 2022/2023 melawan FC Porto. Kekalahan pada laga tersebut membuat Seoane dipecat.

Tersesat dari Jalan Kesuksesan

Direktur Olahraga Bayer Leverkusen Simon Rolfes berterima kasih atas dedikasi Seoane terhadap klub di musim lalu. Namun, pemecatan ini diambil karena kini klub tersesat dari jalan kesuksesan.

“Gerardo Seoane telah melakukan pekerjaan yang bagus untuk Bayer 04 selama beberapa tahun belakangan, termasuk dengan membawa tim ini masuk Liga Champions,” ujar dia.

“Sayangnya, kami sekarang tersesat dari jalan kesuksesan. Dari sudut pandang kami, gugur terlalu dini dari DFB Pokal dan posisi kami di Bundesliga sangat jauh dari yang kami harapkan, sehingga membuat pergantian pelatih harus dilakukan,” katanya lagi.

Ahli Strategi

Penggantinya sebenarnya mengejutkan, yaitu Xabi Alonso. Meski sudah empat tahun berkecimpung di dunia kepelatihan, Leverkusen akan jadi tim senior pertama yang ditanganinya.

Sebelumnya, Xabi sempat satu tahun menjadi pelatih di akademi Real Madrid. Kemudian pria 40 tahun ini menangani Real Sociedad B sejak 2019.

“Di diri Xabi Alonso, kami telah merekrut seorang pelatih yang, sebagai pemain, adalah seorang profesional kelas dunia selama bertahun-tahun, ahli strategi yang cerdas dan sangat sukses di tiga liga Eropa yang paling sulit,” ujar Rolfes.

Yakin dengan Tugas Baru

Sementara itu, Xabi senang dengan tugas baru yang diembannya. Ia yakin, walaupun dibebani tugas yang berat, ia bisa melaksanakannya dengan baik karena memiliki skuat yang mumpuni.

“Saya tahu Leverkusen selama saya berada di Jerman sebagai klub yang sempurna. Bayer 04 memiliki pemain bertalenta dan saya melihat banyak kualitas di dalam skuat saat ini,” katanya di laman resmi klub.

“Selama diskusi dengan klub, dengan cepat menjadi jelas bahwa, terlepas dari situasi sulit saat ini, pada prinsipnya tujuan ambisius masih dikejar. Saya sangat senang dengan tugas ini dan saya yakin kami akan memenuhi permintaan itu,” tandas dia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?