Berstatus Juara Euro 2020, Mengapa Italia Tak Dapat Tiket Lolos Otomatis ke Piala Dunia 2022?

admin - Piala Dunia

Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022

IDNGoal.news – Legenda sepak bola Italia, Roberto Baggio merasa gagal paham dengan fakta bahwa Gli Azzurri yang berstatus jawara Euro 2020 tak mendapat tiket otomatis menuju Piala Dunia 2022.

Maret lalu, Italia harus mengubur ambisi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 usai kalah 0-1 dari Makedonia Utara dalam partai semifinal play-off zona Eropa.

Hasil ini membuat Italia mengulangi memori pahit mereka ketika gagal lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Kegagalan ini cukup ironis mengingat Gli Azzurri merupakan jawara Euro 2020 yang digelar pada 2021 kemarin.

Reaksi Roberto Baggio

Baggio pun merasa bahwa kegagalan Italia bermain di Piala Dunia 2022 adalah sebuah hal yang gila. Baggio menilai negaranya layak mendapat satu tiket terbang ke Qatar dengan status sebagai jawara Eropa.

“Italia memenangkan Kejuaraan Eropa, saya pikir itu memalukan, gila bahwa mereka tidak diberi tempat otomatis ke Piala Dunia untuk prestasi tersebut,” ujar Baggio seperti dikutip Football Italia.

“Siapa pun bisa kalah satu pertandingan melawan siapa pun di hari yang buruk, tetapi para pemain ini pantas mendapatkan semacam hadiah untuk apa yang mereka capai, bukan? Jika saya berada di skuad itu, saya akan sulit menerimanya.”

Penilaian Roberto Baggio

Kemalangan Italia berlanjut pada Kamis (2/6/2022) dini hari WIB kemarin ketika mereka dipaksa menyerah 0-3 oleh kampiun Copa America, Argentina dalam partai Finalissima.

“Saya pikir Italia menderita efek psikologis setelah tersingkir dari Piala Dunia. Anda bisa melihat itu masalah psikologis,” tutur Baggio.

“Kita lihat tadi malam, Anda tidak bisa membandingkan ketenangan dan kepercayaan diri para pemain Argentina dengan kondisi pikiran kita saat ini,”

“Roberto Mancini melakukan sesuatu yang luar biasa, dia harus dihormati dan dibiarkan terus bekerja seperti yang dia lakukan. Kita memiliki talenta muda yang tidak diberi ruang untuk bermain di Serie A dan itu adalah masalah yang umum.”

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?