Bos FIGC Berharap Roberto Mancini Tetap Tangani Timnas Italia

admin - Piala Dunia

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.

IDNGoal.news – Presiden FIGC Gabriele Gravina tidak menyangka Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Namun dia berharap Roberto Mancini tidak meninggalkan posisinya sebagai pelatih.

Italia menggenggam status sebagai Juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris di final. Namun, hal tersebut tak membuat langkah Gli Azzurri untuk melaju ke Piala Dunia 2022 menjadi mudah.

Italia mengakhiri babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa sebagai runner-up Grup C. Alhasil, Gli Azzurri harus melakoni babak play-off untuk bisa tampil di Qatar 2022.

Di atas kertas, Italia lebih diunggulkan untuk menang atas Makedonia Utara pada babak play-off, Jumat (25/3/2022) dini WIB. Namun, Gli Azzurri justru menyerah lewat gol semata wayang Aleksandar Trajkovski di menit akhir pertandingan.

Kekalahan tersebut membuat Italia gagal melaju ke Piala Dunia dalam dua edisi secara beruntun. Mereka sebelumnya juga absen di Piala Dunia 2018 yang bertempat di Rusia.

Tak Menduga

Banyak yang tidak menduga Italia gagal melaju ke Piala Dunia tahun ini setelah menelan kekalahan dari Makedonia Utara. Salah satunya adalah Presiden FIGC Gabriele Gravina.

“Inilah sepakbola dan ketika Anda di olahraga, Anda harus menerima hasil semacam ini,” kata Gravina kepada RAI Sport.

“Saya benar-benar sedih untuk suporter kami. Sukacita besar yang kami miliki selama musim panas masih ada, tetapi ada juga rasa pahit atas kekalahan ini. Kami tidak menduganya.”

Evaluasi Pemain Muda

Kegagalan ini jelas meninggalkan berbagai bahan evaluasi buat FIGC terkait performa timnas Italia. Gravina menyoroti soal minimnya kesempatan pemain muda Italia untuk tampil secara reguler di berbagai klub Serie A.

“Para pemain ini memberi negara kami mimpi indah hanya beberapa bulan yang lalu. Namun, kami tidak boleh berpuas diri, dan malam ini sekali lagi menunjukkan kepada kami bahwa ada sesuatu yang perlu kami perbaiki dalam sepak bola kami,” lanjutnya.

“Kami perlu memahami apa yang perlu dilakukan, misalnya menyelesaikan masalah pemain muda kami yang tidak mendapatkan waktu bermain.”

Masa Depan Mancini

Kegagalan ini juga membuat masa depan sang pelatih Roberto Mancini mendapat sorotan. Namun, Gravina berharap Mancini tetap bertahan sebagai pelatih timnas Italia.

“Saya berharap, Mancini bisa terus bertahan bersama kami. Dia memiliki komitmen yang besar untuk proyek ini,” lanjutnya.

“Saya harap, seperti semua orang Italia, dia bisa melupakan kekecewaan dari kegagalan ini. Dia tetap memimpin tim ini dan melanjutkan kerja sama bersama kami.”

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?