Buka-bukaan Bek Barcelona: Pemain Tidak Lagi Percaya Pada Ronald Koeman

robin -

Ronald Koeman

IDNGoal.news – Barcelona jadi kacau balau ketika Ronald Koeman menduduki kursi pelatih. Untungnya, pihak klub sudah mendepaknya dan menggantinya dengan Xavi Hernandez.

Surat pemecatan buat Koeman terbit setelah Barcelona kalah tipis 0-1 dari Rayo Vallecano. Bukan sesuatu yang mengejutkan, sebab itu adalah kekalahan keempat Gerard Pique dkk dalam enam pertandingan.

Keputusan berat itu diambil saat Barcelona belum memiliki sosok pengganti. Alhasil nahkoda Barcelona B, Sergi Barjuan, harus dipromosikan untuk sementara sampai klub mendapat pengganti yang tepat buat Koeman.

Tiga pertandingan berlalu setelah menghadapi Vallecano, dan Barcelona cuma bisa meraih satu kemenangan. Lalu di pekan internasional, mereka mengumumkan kesepakatan dengan Al Sadd untuk membawa Xavi kembali ke Camp Nou.

Berhenti Percaya pada Koeman

Kedatangan Xavi memberikan gairah baru buat semua pihak yang terlibat dengan Barcelona, mulai dari manajemen klub hingga pemain. Permainan tiki-taka yang ia sajikan bersama Al Sadd diyakini bisa membuat Blaugrana bangkit kembali.

Inilah yang dibutuhkan oleh skuat Barcelona saat ini, seperti yang dikatakan oleh Oscar Mingueza. Keadaan di ruang ganti sudah sangat kacau saat Koeman memimpin karena pemain tidak lagi mempercayai gagasan sang pelatih.

“Tim sudah berhenti mempercaya gagasannya [Koeman]. Kami tidak bermain dengan apik, baik secara individual ataupun kolektif,” ujar Mingueza seperti yang dikutip dari the Athletic.

“Ketka dinamikanya menjadi tidak baik, semuanya melakukan apapun yang mereka bisa, tapi kami juga jadi tidak percaya pada apa yang kami inginkan,” lanjutnya.

Ketika Xavi Datang…

Mingueza menyambut kedatangan Xavi dengan sangat positif. Ia mengaku sudah mendengarkan gagasan bermainnya dan yakin itu akan berjalan dengan baik. Apalagi para pemain percaya pada setiap kata-katanya.

“Ruang ganti butuh perubahan. Tidak ada atmosfir yang kami butuhkan. Orang-orang merasa tidak senang. Saya yakin Xavi akan baik-baik saja dengan kami,” Mingueza menambahkan.

“Gagasan yang datang bersamanya sangat bagus. Dia telah masuk ke ruang ganti dengan pendirian yang bagus. Orang-orang percaya pada apa yang dia katakan dan itu sangatlah penting,” pungkasnya.

Debut Xavi sebagai pelatih Barcelona digelar pada Minggu (21/11/2021) mendatang di ajang La Liga, dengan Espanyol sebagai lawannya. Itu akan menjadi partai yang spesial karena dilangsungkan di markas Barcelona, Camp Nou.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?