Bukan Cuma Cesc Fabregas, 7 Pesepak Bola Ini Juga Punya Saham di Klub Sepak Bola

admin - Liga Champion

Cesc Fabregas ketika dikenalkan sebagai pemain baru Como

IDNGoal.news – Mantan bintang Barcelona dan Arsenal, Cesc Fabregas, akan melanjutkan karier sepak bolanya di Italia pada musim ini. Fabregas baru saja bergabung dengan klub Serie B Como 1907.

Tidak hanya bermain bagi Como, Fabregas juga membeli saham klub yang saham terbesarnya dipegang oleh perusahaan Indonesia, Djarum Group. Perusahaan besar negeri ini menyerahkan kursi CEO kepada mantan pemain Chelsea Dennis Wise.

Dennis Wise juga mantan pelatih Garuda Select yang merupakan tim sepak bola binaan Djarum. Berada di bawah Djarum Group tim yang 2017 masih berada di Serie D, Como kemudian bangkit hingga kini ada di Serie B.

Faktor itulah yang membuat Cesc Fabregas tertarik bermain bahkan membeli saham Como. Tetapi, Fabregas tidak sendirian sebagai pemain profesional yang membeli atau memiliki saham di klub sepak bola.

Berikut 7 bintang sepak bola dunia yang juga memiliki saham di klub. Bedanya, mereka berkarier di tim lain dan tidak berkarier di tim yang mereka miliki sahamnya.

1. Gerard Pique – FC Andorra

Gerard Pique mengakuisisi FC Andorra pada 2018 melalui bisnis Grup Kosmos Holding miliknya. FC Andrra bermain di kompetisi Spanyol meskipun secara resmi menjadi tim dari Kerajaan Andorra.

Sejak bek legendaris itu mengambil alih kepemilikan klub, Andorra telah naik level di sepak bola Spanyol. Pada musim ini, mereka akan bermain di level kedua untuk pertama kalinya.

Jika FC Andorra bisa naik ke kasta tertinggi La Liga Spanyol, bisa jadi Pique akan hengkang dari Barcelona. Lalu, Pique akan mengikuti jejak Fabregas bermain di klub yang sahamnya dia miliki.

2. Zlatan Ibrahimovic – Hammarby

Hammarby merupakan klub yang berdiri pada 1915 di ibu kota Swedia, Stockholm. Hammarby pernah sekali meraih gelar juara liga teratas Swedia.

Pada 2019, klub mengumumkan bahwa Zlatan Ibrahimovic telah mengakuisisi 23,5% saham klub. Hammarby kemudian memenangkan Svenska Cupen 2020/21 dan telah bermain di kompetisi Eropa sejak Ibrahimovic terlibat.

3. David Beckham – Inter Miami

Selain memiliki Salford City, David Beckham juga memiliki saham di klub Liga Amerikas Serikat atau MLS, Inter Miami. Dia bernegosiasi dengan MLS saat hijrah ke LA Galaxy pada 2007 supaya dapat membeli saham klub Amerika Serikat itu.

Beckham akhirnya berekspansi untuk membeli saham Inter Miami. Mantan bintang Manchester United dan Real Madrid ini juga brilian mengolah bisnis layaknya saat mengolah bola di lapangan hijau.

4. Jamie Vardy – Rochester New York FC

Jamie Vardy mengambil keputusan berani saat membeli saham Roachester New York FC. Klub sedang hiatus mulai 2017 hingga 2023.

Langkah Vardy yang berani itu kemudian kembali menghidupkan RNYFC. Mulai awal 2023, klub milik mantan bintang Leicester City ini akan berlaga di Liga MLS Next pro perdana.

5. Paolo Maldini – Miami FC

Tidak hanya bintang-bintang sepak bola Inggris yang mulai merambah saham klub sepak bola Amerika Serikat. Mantan bintang Timnas Italia dan AC Milan, Paolo Maldini juga melakukan hal yang serupa.

Paolo Maldini memutuskan membeli saham Miami FC. Klub yang baru berdiri pada 2015 ini masih berlaga di papan kedua sepak bola Inggris.

6. Ronaldo ? Real Valladolid dan Cruzeiro

Jika para bintang sepak bola Eropa merambah ke sepak bola benua Amerika, berbeda dengan Ronaldo. Mantan bintang Brasil itu malah merambah industri sepak bola Eropa.

Ronaldo berinvestasi di klub Liga Spanyol Real Valladolid pada 2018 dan merupakan pemilik mayoritas dengan 51% saham serta menjadi presiden klub. Ronaldo memperluas portofolionya pada tahun 2021 dengan mengakuisisi saham klub masa kecilnya di Brasil, Cruzeiro.

7. Hector Bellerin – Forest Green Rovers

Masih berusia muda, tetapi Hector Bellerin sudah memikirkan tentang masa depan. Pemain Arsenal berusia 27 tahun ini telah merambah ke dunia bisnis.

Selain aktif bermain sebagai pemain sepak bola profesional, dia juga pemilik saham klub sepak bola Forest Green Rovers. Klub ini bermain di kasta ketiga Liga Inggris atau League One.

Bahkan pemain berpaspor Spanyol ini menjadi pemegang saham terbesar kedua klub pada tahun 2020. Tentu dia akan berusaha membantu Forest Green Rovers untuk melaju hingga kasta teratas.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?