Cerita Indah Liverpool yang Belum Tersentuh Kekalahan Musim Ini, Pertanda Juara Lagi?

robin -

Jurgen Klopp

IDNGoal.news – Musim 2019/20 lalu, tangan dingin Jurgen Klopp sukses membawa Liverpool meraih gelar juara perdananya di era Premier League. Namun, musim 2020/21 kemarin, gelar itu direbut Manchester City. Bagaimana dengan musim ini?

Tak banyak perubahan pada skuad Liverpool musim ini. Musim panas kemarin, The Reds bahkan cuma membeli satu pemain baru, yakni bek sentral Ibrahima Konate dari RB Leipzig.

Meski begitu, Liverpool sekarang bisa dibilang lebih kuat daripada musim lalu. Salah satu alasannya adalah karena mereka sudah bisa kembali diperkuat bek sentral Virgil van Dijk, yang musim lalu absen panjang akibat cedera lutut.

Di Premier League 2021/22 sejauh ini pun Liverpool menjadi satu-satunya tim yang masih belum tersentuh kekalahan. Dalam tujuh pertandingan yang sudah mereka mainkan sejauh ini, tim besutan Klopp itu menang empat kali, seri tiga kali, mencetak total 17 gol, baru kebobolan enam, dan cuma tertinggal satu poin dari Chelsea di puncak klasemen sementara.

Liverpool musim ini pantas difavoritkan untuk meraih titel Premier League mereka yang kedua, sekaligus gelar juara liga tertinggi Inggris mereka yang ke-20.

Hasil Mengejutkan

Laga tandang Liverpool melawan tim promosi Brentford pada pekan ke-6 menghasilkan sebuah kejutan. Bagi Liverpool, ini bukan kejutan yang menyenangkan.

Liverpool dipaksa berbagi satu poin di laga tersebut setelah hanya mampu bermain imbang 3-3.

Tertinggal oleh gol Ethan Pinnock di menit 27, Liverpool berbalik memimpin 2-1 lewat gol-gol Diogo Jota menit 31 dan Mohamed Salah menit 54.

Brentford membalas lewat gol Vitaly Janelt di menit 63, dan Liverpool kembali unggul lewat gol Curtis Jones di menit 67. Namun, gol Yoane Wissa di menit 82 membuyarkan kemenangan Liverpool.

Hasil dan Skor Pertandingan Liverpool

Liverpool melalui dua pertandingan pertamanya dengan menang tanpa kebobolan, yakni atas Norwich City dan Burnley. Setelah itu, Liverpool seri dengan Chelsea.

Liverpool lalu berturut-turut memukul Leeds United dan Crystal Palace dengan skor identik 3-0, tapi kemudian berbagi poin dengan Brentford dan Manchester City.

Berikut hasil Liverpool di tujuh pekan pertama Premier League 2021/22:

  • 14-08-21 Norwich 0-3 Liverpool
  • 21-08-21 Liverpool 2-0 Burnley
  • 28-08-21 Liverpool 1-1 Chelsea
  • 12-09-21 Leeds 0-3 Liverpool
  • 18-09-21 Liverpool 3-0 Crystal Palace
  • 25-09-21 Brentford 3-3 Liverpool
  • 03-10-21 Liverpool 2-2 Manchester City.

Bintang Liverpool Sejauh Ini

Mohamed Salah adalah pilar utama Liverpool di Premier League musim ini. Sejauh ini, torehan gol maupun assist pemain asal Mesir tersebut lebih banyak daripada rekan-rekannya yang lain.

Salah memimpin daftar top skor Liverpool dengan torehan enam golnya. Dia diikuti Sadio Mane (4), Diogo Jota (3), Roberto Firmino (1), Curtis Jones (1), Fabinho (1), dan Naby Keita (1).

Salah juga memimpin dengan tiga assist. Sementara itu, assistassist untuk Liverpool lainnya disumbangkan oleh Trent Alexander Arnold (2), Andrew Robertson (1), Curtis Jones (1), Fabinho (1), Jordan Henderson (1), Konstantinos Tsimikas (1), Thiago (1), dan Virgil van Dijk (1).

Punya Apa yang Diperlukan untuk Jadi Juara

Ketika bermain seri 2-2 dengan Manchester City di Anfield pada pekan ke-7, Liverpool sejatinya menunjukkan permainan yang brilian. Namun, dua kali memimpin lewat Sadio Mane dan Mohamed Salah, dua kali pula mereka kebobolan gol balasan.

Meski begitu, Mohamed Salah optimistis dengan peluang juara Liverpool musim ini.

“Kami benar-benar ingin memenangi pertandingan ini,” tulis Salah di media sosial setelah laga kontra City. “Namun, kami masih tetap berada dalam peta persaingan.”

“Kami mengincar gelar juara, dan kami punya apa yang diperlukan untuk melakukannya.”

Apa yang Masih Perlu Diperbaiki?

Satu hal mungkin perlu diperhatikan adalah sektor bek kanan. Saat ini, Liverpool masih kehilangan Trent Alexander-Arnold yang cedera.

Ketika melawan Manchester City, posisi itu dipercayakan oleh Jurgen Klopp kepada James Milner.

Milner adalah pemain yang bagus, tapi dia keteteran kalau harus menjaga pemain-pemain berkaki cepat. Di usianya yang sudah menginjak 35 tahun, melawan pemain muda sepreti Phil Foden, jelas saja Milner kewalahan.

Liverpool sepertinya perlu mencari pelapis yang bisa diandalkan di bursa musim dingin nanti. Dengan begitu, satu kekurangan mereka bisa teratasi.

Masalah lainnya, dilihat dari laga melawan Manchester City, juga beberapa laga lain, adalah Liverpool masih lemah dalam setidaknya tiga hal:

  • Ketika bertahan melawan pemain-pemain dengan teknik dan skill bagus.
  • Mencegah lawan menciptakan peluang.
  • Mempertahankan keunggulan.

Jika semua kelemahan itu bisa dihilangkan, atau paling tidak diminimalkan, maka jalan The Reds menuju tangga juara bakal terbuka lebar.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?