Chelsea 0 vs 1 Arsenal: The Blues Mendominasi, The Gunners Lebih Jitu

robin -

Skuad Chelsea

IDNGoal.news – Chelsea gagal meraih poin kala menjamu Arsenal pada lanjutan Premier League 2020/2021. The Blues harus menelan kekalahan 0-1 pada laga yang dihelat di Stamford Bridge, Kamis (13/05) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, gawang Chelsea bobol melalui gol tunggal Emile Smith-Rowe pada menit ke-15.

Kekalahan ini membuat Chelsea tertahan di peringkat keempat klasemen sementara, dengan koleksi 64 angka dari 36 laga. Mereka gagal mengkudeta Leicester City, yang berada di posisi tiga klasemen sementara.

Ada sejumlah catatan di balik kekalahan The Blues, yang sempat tak terbendung pada beberapa laga sebelumnya. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Mendominasi Permainan

Chelsea bisa dikatakan mendominasi pada laga kontra Arsenal ini. Laman Whoscored mencatat penguasaan skuad besutan Thomas Tuchel ini 67,7 persen. Sementara, Arsenal hanya mencatatkan penguasaan bola sebesar 32,3 persen.

Untuk urusan peluang yang dicetak pun, Chelsea unggul mutlak. Sepanjang laga, mereka memiliki 19 peluang untuk mencetak gol ke gawang Arsenal. Di sisi lain, skuad besutan Mikel Arteta hanya memiliki lima peluang untuk mencetak gol ke gawang The Blues.

Unggul Total Kualitas Peluang

Tak hanya secara kuantitas, secara kualitas pun Chelsea unggul jauh. Laman Understat mencatat bahwa Kai Havertz dan kawan-kawan memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,57.

Sementara, Arsenal, dalam catatan Understat, hanya memiliki nilai xG sebesar 0,69.

Laman Understat, melalui griafik waktu mereka, pun mencatat bahwa Chelsea sejak awal mendominasi permainan. Arsenal memang sempat mendominasi permainan. Namun, dominasi The Gunners hanya berlangsung sampai menit ke-30. Setelahnya, Chelsea kembali mendominasi.

Gagal Manfaatkan Dominasi

Namun, segala dominasi ini tak membuat Chelsea meraih kemenangan pada laga kontra Arsenal. Hal ini tak lepas dari kegagalan mereka memanfaatkan dominasi ini untuk membobol gawang Arsenal.

Pada laga ini, Chelsea boleh memiliki nilai xG total sebesar 1,57. Namun, nilai ini merupakan akumulasi dari 19 peluang mereka. Rata-rata, peluang Chelsea pada laga ini memiliki nilai xG sebesar 0,082.

Peluang terbesar Chelsea pada laga ini dimiliki Olivier Giroud pada menit ke-89. Peluang tersebut memiliki nilai xG sebesar 0,36.

Sementara, sisi lain, meski lebih sedikit, peluang-peluang Arsenal memiliki nilai xG rata-rata sebesar 0,138. Peluang terbesar mereka hadir melalui Emile Smith-Rowe pada menit ke-15. Nilai xG peluang yang sukses dimanfaatkan menjadi gol ini berada di level 0,55.

Finishing Chelsea Buruk

Kegagalan Chelsea memanfaatkan dominasi untuk meraih kemenangan pada laga ini juga tak lepas dari buruknya penyelesaian akhir mereka. Dari 19 peluang, hanya lima yang menyasar target.

Sembilan dari peluang Chelsea melenceng dari sasaran. Sementara, lima sisanya diblok pemain bertahan Arsenal.

Di sisi lain, Arsenal memang hanya memiliki lima kesempatan. Namun, dua dari lima peluang ini mengarah ke gawang. Hanya satu peluang Arsenal yang melenceng dari sasaran. Sisanya, dua peluang, diblok pemain Chelsea.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?