Chelsea vs Arsenal di Final Liga Europa: Ini Janji Semu Unai Emery

robin - Liga Europa

Unai Emery

IDNGoal.news – Unai Emery tidak berani berjanji mempersembahkan trofi untuk Arsenal. Dia hanya bisa menjamin Arsenal bakal kembali bersaing dengan tim-tim kuat lainnya. Trofi adalah hadiah dari perkembangan dan konsistensi mereka.

Musim 2018/19 ini adalah musim pertama Emery di Emirates Stadium. Dia terbilang sudah beradaptasi dengan baik, meski masih gagal mengejar target klub. Arsenal hanya bisa mengamankan peringkat kelima klasemen akhir Premier League.

Biar begitu, Emery mampu membawa The Gunners mencapai final Liga Europa. Meski jalan di Premier League sudah pupus, mereka masih punya satu alternatif untuk kembali ke Liga Champions musim depan, yakni dengan menjuarai Liga Europa.

Emery merupakan salah satu pelatih yang paling jago di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut. Namun, dia tetap tidak berani berjanji.

Tidak Berjanji

Beberapa tahun silam, saat masih menangani Sevilla, nama Emery dikenal sebagai salah satu pelatih top. Betapa tidak, dia sukses membimbing Sevilla menjuarai Liga Europa dalam tiga musim beruntun, salah satunya dengan mengalahkan Liverpool.

Biarpun demikian, Emery tidak berani berjanji bakal mengulangi prestasi yang sama bersama Arsenal. Setahun yang lalu, saat menerima tawaran The Gunners, dia mengaku tidak pernah menjanjikan trofi.

“Saya tidak menjanjikan gelar juara, saya berjanji untuk bersaing. Apa yang dilakukan Wenger untuk klub ini sangatlah besar,” tutur Emery dikutip dari El Mundo.

“Dia bisa memberikan sentuhan kualitas yang mengubah permainan jadi lebih mengalir dan berwarna, tetapi secara perlahan dia mulai kehilangan semangat kompetitif itu.”

“Itulah yang dijelaskan pada saya dan tugas saya ketika saya diwawancarai oleh Raul Sanllehi dan pemilik klub,” lanjutnya.

Kembali Lebih Kuat

Terlepas dari targt tersebut, Emery tidak yakin Arsenal bisa berubah secara instan. Dengan kondisi finansial yang saat ini, Arsenal masih kesulitan bersaing dengan tim-tim besar lainnya.

“Potensi ekonomi Manchester United, Manchester City, atau Liverpool masih lebih hebat dari kami. Namun, melihat sejarah dan struktur klub, Arsenal berada di antara 10 tim top di Eropa, dan kami harus kembali ke tempat itu,” tandasnya.

Target Unai Emery mengembangkan Arsenal mungkin baru bisa terwujud dalam beberapa musim ke depan. Saat ini, kualitas Arsenal masih tertinggal jauh. Mereka memerlukan beberapa pemain top untuk kembali bersaing merebut trofi.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?