Cristiano Ronaldo dan Para Pencetak Gol Terbanyak di Dunia

robin - Liga Italia

Cristiano Ronaldo

IDNGoal.news – Cristiano Ronaldo kembali mengukir sebuah prestasi dengan mencetak gol ke-700 dalam karir profesionalnya. Akan tetapi, masih ada lima pemain dengan catatan gol lebih banyak dari kapten timnas Portugal.

Ronaldo mencetak satu gol saat Portugal berjumpa Ukraina pada babak Kualifikasi Euro 2020, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB. Ronaldo mencetak gol pada menit ke-72 dari eksekusi penalti.

Hanya saja, gol pemain berusia 34 tahun tersebut tidak mampu membuat Portugal terhindar dari kekalahan. Portugal kalah dengan skor 2-1 dari Ukraina lewat gol Roman Yaremchuk dan Andry Yarmolenko.

Hasil tersebut membuat langkah Portugal untuk bisa lolos ke Euro 2020 bakal makin berat. Sedangkan, Ukraina memastikan diri lolos ke Euro 2020 menyusul langkah Belgia, Italia, Rusia dan Polandia yang lebih dulu lolos.

Barisan Pencetak Gol Terbanyak

Satu gol ke gawang Ukraina membuat Ronaldo kini telah mencetak 700 gol sepanjang karirnya. Tidak banyak pemain yang mampu mencatatkan jumlah gol yang sama atau lebih banyak dibanding mantan pemain Real Madrid itu.

Lionel Messi, yang merupakan ‘rival’ abadi Ronaldo, sejauh ini baru mencatatkan 668 gol dari 823 laga yang dimainkan.

Dari 700 gol yang sudah dicetak oleh Ronaldo, lebih dari separuh terjadi ketika di berkostum Real Madrid. Ronaldo mencetak 450 gol untuk Los Blancos. Lalu, Ronaldo mencatatkan 118 gol ketika bermain di Manchester United.

Ronaldo juga sangat produktif di timnas Portugal. Sang pemilik nomor punggung 7 tersebut telah mencetak 95 gol. Sedangkan, Ronaldo juga mencetak 32 gol untuk Juventus -yang masih akan terus bertambah- dan lima gol ketika bermain di Sporting CP.

Jumlah Gol Ronaldo memang sangat banyak. Namun, masih ada lima pemain dengan catatan gol lebih banyak dibanding Ronaldo. Mereka yakni Romario, Pele, Ferenc Puskas, Gerd Muller, dan Josef Biscan.

Mampu Lewati Rekor Josef Biscan

Josef Biscan saat ini masih tercatat sebagai raja gol dalam sepak bola profesional. Pria yang pernah membela timnas Cekoslovakia dan Australia, tercatat telah mencetak 805 gol dalam karir sepak bola profesional.

Menilik usia Ronaldo yang sudah 34 tahun, agaknya cukup sulit baginya untuk bisa mengejar selisih 100 gol dengan Josef Biscan.

Ronaldo mungkin masih bisa mengejar rekor gol legenda Jerman, Gerd Muller yang mencetak 735 gol atau legenda sepak bola Hungaria yakni Ferenc Puskas yang punya catatan 746 gol.

Sementara itu, masih ada dua nama lain yang punya catatan gol lebih banyak dari Ronaldo yakni dua legenda Brasil: Pele dan Romario. Pele mencetak 767 gol dalam karirnya dan Romario punya catatan 772 gol.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?