David De Gea Pantas Disalahkan: Punya Contekan Penalti, Malah Dianggurin

robin -

David De Gea

IDNGoal.news – David De Gea punya kesempatan untuk menjadi pahlawan Manchester United di laga final Liga Europa, Kamis (27/5/2021) dinihari tadi. Sebab ia sudah punya bekal untuk menghalau eksekusi penalti para pemain Villarreal.

Pertandingan yang berlangsung di PGE Arena Gdansk tersebut berlangsung cukup sengit. Sebagian besar penikmat sepak bola cukup yakin kalau Manchester United bisa mengalahkan Yellow Submarine tanpa kesulitan berarti.

Namun kenyataannya, pasukan Unai Emery bisa mengimbangi permainan Bruno Fernandes dkk. Bahkan mereka unggul lebih dulu setelah sepakan Gerard Moreno berhasil mengecoh David De Gea pada menit ke-29.

Manchester United akhirnya membalas di menit ke-55 melalui aksi sang penyerang, Edinson Cavani. Kedua tim tidak mampu mencetak gol tambahan setelahnya, hingga pertandingan harus berjalan sampai babak perpanjangan waktu.

De Gea Sudah Punya Contekan

Situasi di babak perpanjangan waktu, yang digelar selama 2×30 menit, tidak banyak berubah. Baik Manchester United maupun Villarreal mampu menciptakan peluang berbahaya, tapi tetap tak mampu mengkonversinya menjadi gol.

Pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti. De Gea seharusnya bisa menjadi pahlawan the Red Devils di momen ini. Sebab, ia mengantongi catatan yang berisi arah bidikan pemain Villarreal saat mengeksekusi penalti.

Informasi ini diungkap jurnalis Sky Sport, Angelo Mangiante, lewat akun media sosial Twitter miliknya. Ia menyertakan foto berisikan ‘contekan’ yang dibawa ke dalam lapangan dan disembunyikan di sela-sela handuk milik sang kiper.

“Inilah detail tulisan De Gea untuk penalti. Sayangnya itu tidak cukup. @SkySport #MUFC @GianluBagnu #UELfinal,” tulis Angelo Mangiante di akun Twitter miliknya.

Andai De Gea Mengikuti Contekan…

Contekan tersebut tidak semuanya tepat, tapi tidak salah sepenuhnya juga. Ada beberapa eksekusi penalti yang harusnya bisa dihalau kiper berkebangsaan Spanyol tersebut seandainya mengikuti contekannya.

Manchester United seharusnya bisa menang kalau De Gea mengikuti contekan penalti Moi Gomez, eksekutor ke-6 Yellow Submarine. Gomez mengarahkan bidikannya tepat ke tengah gawang seperti yang tercantum di tulisan tersebut.

Alih-alih bertahan di tengah, De Gea malah melemparkan tubuhnya ke arah kiri. Padahal sepakan tersebut seharusnya bisa dihentikan dengan mudah seandainya De Gea mengikuti instruksi yang sudah dipersiapkan.

Secara total, hanya tiga dari 10 tembakan pemain Villarreal tidak termasuk kiper yang sesuai dengan contekan tersebut. De Gea sendiri mengacuhkan instruksi sebanyak tiga kali.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?