Der Klasiker: Duel Kunci Bayern Munchen vs Borussia Dortmund

reza - Liga Jerman

Bayern Munich vs Borussia Dortmund

IDNGoal.news – Bundesliga musim 2018/19 memasuki fase yang krusial. Dan, sebuah laga laga maha penting akan terasi pada pekan ke-28 akhir pekan ini. Bayern Munchen akan menjamu Borussia Dortmund pada laga di Allianz Arena.

Mengapa laga ini disebut maha penting? Pertama, karena rivalitas kedua tim yang sangat kuat. Bayern dan Dortmund, meski di beberapa sisi bersahabat, punya catatan rivalitas sengit. Tidak heran jika duel kedua tim dapat julukan Der Klasiker.

Alasan kedua, Bayern dan Dortmund kini sedang berjuang untuk mendapatkan gelar juara Bundesliga. Bayern untuk sementara ada di posisi kedua dengan 61 poin, tapi hanya tertinggal dua poin dari Dortmund yang ada di puncak. Berjarak hanya dua poin, segalanya masih masih bisa terjadi.

Baik Niko Kovac di Bayern maupun Lucien Favre di pihak Dortmund pasti akan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Para pemain utama sudah siapkan untuk saling berduel di atas lapangan. Dan, berikut ini adalah duel-duel kunci yang akan jadi penentu jalannya Der Klasiker.

Duel Antar Lini Bayern vs Dortmund

Jadon Sancho vs David Alaba

Jadon Sancho menjalani performa yang gemilang bersama Dortmund pada musim 2018/19. Pemain berusia 18 tahun itu tampil reguler. Dia bahkan sejauh ini telah mencatatkan 13 assist, paling banyak dibanding pemain lain di lima liga top Eropa.

Jadon Sancho kerap muncul sebagai pembeda saat Dortmund mengalami situasi buntu. Kadang memang bukan lewat sebuah gol, tapi kontribusinya memecahkan pertahanan lawan. Jadon Sancho dibekali kemampuan dribble dan kecepatan yang memukau. Visi bermainnya pun cukup bagus.

Dalam laga Der Klasiker, Jadon Sancho akan mendapatkan lawan berat yakni David Alaba. Pemain asal Swiss selama beberapa tahun terakhir diklaim sebagai bek kiri terbaik yang bermain di ajang Bundesliga.

Seperti Jadon Sancho, David Alaba juga punya kecepatan. Tentu saja duel ini akan sangat dinantikan.

Robert Lewandowski vs Manuel Akanji

Robert Lewandowski merupakan sisi lain dari dominasi Bayern Munchen di pentas Bundesliga dalam beberapa musim terakhir. Sukses Bayern menjadi juara juga tidak lepas dari ketajaman pemain asal Polandia tersebut dalam membobol gawang lawan.

Hingga pekan ke-27 musim 2018/19 ini, Robert Lewandowski telah mencetak 19 gol di Bundesliga. Sebanyak delapan gol juga sudah dicetak pemain 30 tahun di Liga Champions. Robert Lewandowski kini sedang onfire. Sepuluh laga terakhir, dia mampu mencetak sembilan gol.

Dalam duel kali ini, Robert Lewandowski akan mendapat perlawanan ketat dari Manuel Akanji. Usianya memang baru 23 tahun. Namun, Manuel Akanji dinilai punya ketenangan dan kemampuan dalam duel satu lawan satu yang baik. Dari sisi fisik, dia juga kuat tatkala sedang berduel.

Marco Reus vs Javi Martinez

Marco Reus akan tampil penuh motivasi pada laga melawan Bayern Munchen. Sebab, pekan ini Marco Reus baru saja mendapatkan kabar baik dengan lahirnya sang anak. Kondisi ini diyakini bakal memberikan motivasi tambahan bagi pemain 29 tahun.

Marco Reus telah mencetak 15 gol bagi Dortmund di Bundesliga. Gol-gol yang dicetak Marco Reus pun kerap jadi penentu kemenangan, seperti pada laga melawan Herta Berlin. Hanya saja, Marco Reus akan mendapat lawan berat di laga melawan Bayern.

Bayern punya Javi Martinez di lini tengah, tepatnya untuk posisi gelandang bertahan. Javi Martinez punya kemampuan membaca permainan dengan sangat bagus. Dia juga kuat saat harus membantu bertahan. Di masa lalu, pada era Pep Guardiola, Javi Martinez dimainkan di posisi bek tengah.

Melihat posisi kedua pemain, Marco Reus dipastikan bakal sering berduel dengan Javi Martinez. Dalam skema bermain Bayern, Javi Martinez juga kerap jadi pemulai alur serangan. Dan, di sisi Marco Reus bisa jadi pengatur ritme permainan Bayern dengan melakukan pressing pada Martinez.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?