Derby Manchester Layaknya Ladang Adu Taktik Erik Ten Hag dan Pep Guardiola

admin - Liga Inggris

Bek Man United, Alex Telles berebut bola dengan pemain Man City, Riyad Mahrez di Derbi Manchester, Minggu (6/3/2022) malam WIB.

IDNGoal.news – Derby Manchester nanti akan jadi pertemuan pertama Erik Ten Hag dan Josep Guardiola selama melatih. Laga pekan ke-9 Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United itu akan berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (2/10/2022) malam WIB.

Walaupun belum pernah saling bertemu, Tobias Schweinsteiger membeberkan karakteristik kedua pelatih tersebut. Menurut saudara kandung Bastian Schweinsteiger tersebut, kedua pelatih sangat jago dalam hal taktikal. Ia tidak menampik akan ada banyak adu taktikal sepanjang 90 menit.

“Saya rasa dua pelatih ini hampir mirip satu sama lain. Mereka adalah tipe pelatih yang sangat bagus dari aspek taktikal,” katanya di laman resmi Manchester United.

Schweinsteiger sendiri memang tidak pernah dilatih oleh Guardiola. Akan tetapi, ia pernah diasuh oleh Ten Hag saat masih membela Bayern II sejak 2013 – 2015. Di waktu yang sama, Pep ditunjuk jadi pelatih kepala Bayern Munchen.

Detail dan Pandai Cari Solusi

Baik itu Ten Hag dan Pep diakui oleh Schweinsteiger sebagai sosok yang detail. Kemampuan analisis yang detail ini membantu mereka menemukan solusi yang tepat.

“Mereka juga sangat detail untuk tim sendiri dan ketika analisis tim lawan. Setelah itu mereka akan mencari solusi untuk melawan mereka,” ujar dia.

“Jadi saya sangat menantikan pertemuan keduanya. Entah hal detail apa yang akan diubah oleh masing-masing pelatih saat saling berhadapan.”

Pasti Punya Rencana

Schweinsteiger merujuk pada laga antara Man United vs Liverpool. Saat itu, Ten Hag di luar dugaan berhasil menjinakkan The Reds yang digadang-gadang sebagai kandidat juara.

Ia begitu yakin bahwa mantan pelatihnya itu akan punya rencana saat berhadapan dengan Pep Guardiola. Meski tidak tahu rencana apa yang akan diambil, namun ia yakin rencana tersebut adalah manifestasi dari perhatian detail mereka.

“Saya yakin dia punya rencana. Jika Man City menekan dengan dua penyerang atau satu saja, lalu soal De Bruyne, dan build up menggunakan tiga orang, entahlah, pasti akan banyak taktik di lapangan,’ tandas dia.

Lebih Dominan Biru

Dalam lima pertemuan terakhir, kota Manchester lebih sering berwarna biru. Man City menang tiga kali dalam lima pertemuan tersebut.

Sebaliknya, Man United cuman menang sekali. Kemenangan itu pun didapatkan pada 7 Maret 2021.

Sedangkan satu pertandingan lainnya berakhir imbang.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?