Di Mata Zidane, Kekuatan Real Madrid Bukan Soal Taktik

robin -

Zinedine Zidane

IDNGoal.news – Zinedine Zidane melontarkan pernyataan tak biasa perihal permainan Real Madrid di setiap pertandingan. Zidane terang-terangan menegaskan bahwa taktik bukanlah yang paling penting, Madrid lebih dari itu.

Los Blancos mulai bangkit dan mendekati level terbaik mereka beberapa pekan terakhir. Setelah kesulitan di awal musim, Zidane akhirnya telah menstabilkan tim dan membawanya dari satu kemenangan pada kemenangan.

Madrid akhirnya bermain layaknya juara, seperti tim era pertama Zidane lalu. Perubahan ini sangat berarti, sebab Sergio Ramos dkk. sempat kehilangan jati diri karena terpuruk begitu dalam musim lalu.

Uniknya, Zidane tidak punya rahasia khusus di balik kebangkitan itu, bahkan bukan soal taktik. 

Bukan yang Terpenting

Kebangkitan Madrid ini diduga disebabkan oleh gaya bermain yang dibentuk Zidane. Saat ini taktik Madrid kerap berubah-ubah, salah satu yang terbaik adalah dengan menurunkan empat gelandang.

Biar begitu, Zidane menjamin tidak ada rahasia khusus. Taktik memang penting, tapi ada yang lebih berharga dari itu.

“Taktik bukanlah yang paling penting, yang lebih penting adalah motivasi yang harus kami miliki di setiap pertandingan. Pada pertandingan berbeda, taktik bisa berubah,” ujar Zidane di Realmadrid.com.

“Saya tidak senang selalu mengulang hal yang sama dan membiarkan lawan mempelajari Anda. Mereka selalu melihat apa yang Anda lakukan di setiap pertandingan, tidak hanya pada laga sebelumnya.”

Skuad Lengkap

Sebab itu, Zidane senang memiliki skuad yang bisa diandalkan seperti saat ini. Dia bisa mengejutkan lawan dengan berbagai taktik, tapi tetap menyuguhkan permainan level tinggi karena intensitas mereka tetap sama.

“Besok [Sabtu, 7 Desember 2019] kami melawan Espanyol dan kami harus bermain dengan cara berbeda dari pertandingan sebelumnya. Karena saya punya pemain-pemain terbaik dan mereka siap, Anda bisa mengubah banyak hal,” sambung Zidane.

“Satu-satunya hal yang bisa saya katakan pada Anda adalah bahwa saya bahagia bisa berada di klub terbaik di dunia, dengan pemain-pemain yang sangat saya cintai,” tandasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?