Disiplin Ketat Ala Xavi di Barcelona: Dembele Telat Tiga Menit, Langsung Didenda!

robin -

Ousmane Dembele

IDNGoal.news – Tidak ada toleransi ketika berbicara soal kedisiplinan buat pelatih anyar Barcelona, Xavi Hernandez. Ousmane Dembele sampai harus merogoh kocek hanya karena telat menghadiri latihan selama tiga menit.

Xavi mengisi kursi kepelatihan Barcelona sebagai pengganti Ronald Koeman yang didepak. Kedatangannya melibatkan sedikit drama, karena Al Sadd mulanya enggan melepas sang pelatih di tengah musim berjalan.

Al Sadd sangat menyukai kinerja pria berdarah Spanyol itu. Bagaimana tidak, Xavi mampu mempersembahkan tujuh gelar selama di sana. Padahal ia baru memulai karier kepelatihan pada tahun 2019 lalu.

Pada akhirnya, Al Sadd harus merelakan kepergian Xavi ke Camp Nou. Tantangan di Barcelona terlalu sulit buat ditolak. Apalagi klub yang membesarkan namanya tersebut butuh dia agar bisa berbicara banyak di kompetisi papan atas.

Tidak Pandang Bulu

Xavi dikenal sebagai pelatih yang memiliki pendekatan serupa dengan Barcelona di era Josep Guardiola. Nuansa ‘tiki-taka’ sangat terasa dalam permainan Al Sadd ketika masih dipegang pria berumur 41 tahun tersebut.

Konsep ini tidak bisa diterapkan dengan sembarangan. Perlu dedikasi dan disiplin tinggi buat memainkannya. Itu sebabnya, Xavi benar-benar ketat dalam urusan kedisiplinan.

Ia benar-benar memegang kendali penuh di klub. Belum lama ini, Xavi melarang Gerard Pique muncul dalam sebuah program televisi terkenal. Ini menunjukkan sikap yang tidak pandang bulu Xavi ketika berbicara soal kedisiplinan.

Tua dan muda, semuanya mendapatkan perlakuan yang sama. Baru-baru ini, ia menjatuhkan hukuman denda pada Ousmane Dembele yang telat menghadiri latihan tiga menit, meski telah berada di tempat pada pukul 08:30 CET.

Percaya Pada Potensi Dembele

Seperti yang telah diutarakan, Xavi tidak pilih-pilih dalam urusan ketegasan. Padahal Pique adalah salah satu rekan terbaiknya dan Dembele merupakan pemain yang sangat ia junjung tinggi kualitasnya.

“Memperpanjang kontrak Ousmane Dembele adalah salah satu prioritas kami saat ini. Dia [Dembele] bisa jadi winger terbaik di dunia. Namun Ousmane harus bekerja keras,” ujar Xavi kepada Barca TV beberapa waktu lalu.

“Dia punya potensi untuk menjadi pembeda di Barcelona dan juga menjadi pemain kelas dunia. Namun untuk menjadi pemain seperti itu, ia harus tampil dengan konsisten,”

Kontrak Dembele sendiri di Barcelona hanya berlaku sampai pertengahan tahun 2022. Mereka menunjukkan kepercayaan pada sang pemain kendati Dembele cukup sering bolak-balik masuk ke ruang rawat karena cedera.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?