Ditinggal Pelatih dan Banyak Pemain Kunci, Ajax Amsterdam Masih 100 Persen Menang!

admin - Liga Europa

Ajax Amsterdam merayakan kemenangan atas Groningen pada pekan ke-2 Eredivisie 2022/2023

IDNGoal.news – Ajax Amsterdam memulai musim 2022/2023 dengan kondisi yang sangat berat. Sebab, setelah melepas pelatih Erik ten Hag, Ajax juga harus kehilangan banyak pemain bintangnya.

Erik ten Hag adalah sosok penting di balik sukses Ajax beberapa musim terakhir. Pelatih 52 tahun itu membawa Ajax meraih dua gelar Eredivisie. Dia juga mengorbitkan banyak pemain top ke tim utama.

Namun, Ajax harus melepas Ten Hag. Ajax tidak bisa membendung ambisi Ten Hag untuk mencari petualangan baru bersama Manchester United. Sebagai gantinya, Ajax menunjuk Alfred Schreuder untuk tugas pelatih.

Setelah Ten Hag, satu per satu pemain kunci Ajax pindah. Pemain terakhir yang meninggalkan Johan Cruijff Arena adalah Antony. Dia menyusul Ten Hag ke Old Trafford.

Ajax Masih Jago!

Antony adalah pemain yang penting bagi Ajax. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk bisa mempertahankan pemain 22 tahun. Namun, Antony sangat ingin pindah dan Ajax akhirnya tidak kuasa menolak tawaran super dari United.

Selain Antony, Ajax juga harus melepas Lisandro Martinez, Sebastien Hhaller, Ryan Gravenberch, Perr Schuurs, Nicolas Tagliafico, Noussair Mazraoui, dan Andre Onana. Mereka adalah pemain yang penting bagi Ajax musim lalu.

Kehilangan banyak pemain kunci tidak membuat Ajax mendadak medioker. Ajax masih menjadi tim yang perkasa. Ajax adalah satu dari sedikit tim yang masih 100 persen menang pada musim 2022/2023 ini.

Di Eredivisie, Ajax memang pada lima laga yang dimainkan. Ajax mencetak 16 gol dan baru kebobolan tiga gol. Ajax juga terbukti masih cukup hebat di Liga Champions. Mereka menang dengan skor 4-0 saat berjumpa Rangers, finalis Liga Europa musim lalu.

Apa yang Dilakukan Ajax?

Apa yang membuat Ajax tetap kuat walau ditinggal banyak pemain kunci dan pelatih? Jawaban paling sederhana adalah akademi dan filosofi tim yang kuat. Ajax tidak pernah berhenti menelurkan pemain hebat dari akademi.

Pada musim 2022/2023, ada nama Devyne Rensch yang tampil bagus di lini belakang, lebih spesifik bek kanan. Dia baru berusia 19 tahun. Lalu, ada Kenneth Taylor (20 tahun) yang juga tampil memukau di lini tengah.

Selain itu, Ajax juga sangat efektif di bursa transfer. Mereka membeli Steven Bergwijn, Calvin Bassey, dan Owen Wijndal yang langsung menjadi pilihan utama.

Ajax juga menyiapkan rencana jangka panjang lewat bursa transfer. Brian Brobbey (20 tahun) dipulangkan dari RB Leipzig. Lalu, mereka membeli talenta muda pada diri Ahmetcan Kaplan, Francisco Conceicao, dan Lorenzo Lucca.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?