Doa Ronaldo untuk Anak Sepak Bola Remaja Thailand yang Terperangkap di Gua Thailand

reza -

Ronaldo Luiz

IDNGoal.news – Legenda sepakbola Brasil Ronaldo mendoakan agar anak-anak yang terjebak di gua di Thailand segera bisa diselamatkan.

Anak-anak tersebut merupakan anggota klub sepakbola Moo Pa. Ada 12 anak plus satu pelatih yang terjebak di kompleks gua Tham Luang di Chiang Rai, Thailand Utara, sejak 23 Juni lalu.

Pada akhirnya, anak-anak itu ditemukan pada hari Senin (02/07) lalu. Mereka dilaporkan terjebak sekitar dua kilometer di dalam gua dan sekitar 800 meter di bawah permukaan tanah.

Operasi penyelamatan berlangsung rumit. Sebab selain lokasi yang jauh ke dalam, banyak area yang terendam air hujan. Debit air pun bisa bertambah karena hujan lebat terus terjadi.

Kabarnya butuh waktu kira-kira enam jam untuk bisa keluar dari lokasi anak-anak itu ke pintu masuk gua. Butuh bantuan penyelam profesional dari Inggris untuk bisa menemukan lokasi anak-anak itu

Simpati Ronaldo

Kabar ini kemudian menyebar ke seluruh dunia. Sebelumnya Presiden FIFA Gianni Infantino sudah menyatakan rasa simpatinya dan jika memungkinkan ia akan mengundang anak-anak itu ke final Piala Dunia 2018 di Moskow.

Kemudian ada juga manajer Liverpool Jurgen Klopp. Klopp mendoakan agar anak-anak itu bisa segera dikeluarkan dari gua tersebut.

Sebelum itu, Ronaldo juga mengucapkan rasa simpatinya. Eks pemain Barcelona dan Real Madrid ini pun berharap anak-anak itu bisa segera diselamatkan.

“Ini adalah berita yang buruk dan dunia sepakbola berharap seseorang dapat menemukan cara untuk membawa anak-anak ini keluar dari sana,” ucap Ronaldo seperti dilansir CNN.

Belum Ada Kepastian

Setelah ditemukan, anak-anak itu kemudian langsung diberi bekal makanan melimpah yang bisa bertahan hingga empat bulan. Mereka juga diberi berbagai obat dan alat-alat medis serta baju baru. Tak lupa juga tabung-tabung oksigen.

Sebelumnya, ada kabar bahwa anak-anak itu baru bisa dikeluarkan dari gua empat bulan mendatang. Pasalnya usaha untuk membawa mereka menyelam dianggap terlalu berbahaya. Kenapa empat bulan? Karena baru saat itulah musim hujan baru akan berhenti.

Gubernur provinsi Chiang Rai Narongsak Osottanakorn, tak bisa memberikan kepastian kapan anak-anak itu akan bisa dibawa keluar.

“Yang bisa saya katakan adalah semua orang bekerja sangat keras di sini. Semua orang bekerja paling keras. Mereka belum beristirahat sejak hari pertama,” katanya dalam konferensi pers pada hari Rabu lalu.

Detik-detik Penemuan

Bocah-bocah itu ditemukan oleh dua penyelam profesional asal Inggris bernama Rick Stanton dan John Volanthen. Saat ditemukan, mereka tengah berkumpul bersama dan tampak cukup sehat meski terjebak sembilan hari.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?