Dua Wajah Frenkie de Jong: Tampil Bagus di Timnas, Biasa Saja di Barcelona

robin - Liga Spanyol

Frenkie De Jong

IDNGoal.news – Barcelona membayar mahal untuk membeli Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2019 yang lalu. Tetapi, pemain asal Belanda tersebut sejauh ini belum mampu tampil sesuai harapan.

Frenkie de Jong menjadi bidikan banyak klub usai tampil bagus pada musim 2018/2019 lalu bersama Ajax. Barcelona akhirnya mendaratkan pemain berusia 21 tahun dengan mengucurkan dana transfer 75 juta euro.

Guna meyakinkan Frenkie de Jong, Josep Maria Bartomeu bahkan turun tangan langsung. Sang presiden sampai harus datang ke kamp latihan Ajax untuk bicara langsung dengan Frenkie de Jong.

Ketika performanya di Barcelona belum juga moncer, Frenkie de Jong tampil bagus di timnas Belanda. Dia seolah punya dua wajah yang berbeda.

Dua Wajah Frenkie de Jong

Frenkie de Jong selalu bermain inti dalam tiga laga awal Barcelona di La Liga 2019/2020. Tetapi, dia tidak mampu memberikan impresi yang bagus. Setidaknya seperti di laga pramusim.

Mantan pemain Wwillem II tersebut dinilai tampil biasa saja untuk Barcelona. Tetapi, dia tampil apik saat membela timnas Belanda. Frenkie de Jong menjadi kunci Der Oranje saat menang 2-4 atas Jerman dan mencetak satu gol.

“Tidak ada yang meragukan kualitasnya, dan ia akan menjadi pemain fundamental bagi Barcelona, ​​tetapi ia belum menemukan ritme permainannya,” kata jurnalis Marca, Luis F. Rojo.

Rojo menyebut Frenkie de Jong nampak lebih nyaman bermain di Belanda daripada di Barcelona. Dia seolah menjadi pemain yang berbeda ketika membela timnas dan Barcelona. Dan, Rojo tahu mengapa Frenkie de Jong bisa begitu.

“Jawabannya adalah bahwa ia bermain di posisi yang berbeda,” kata Rojo.

Peran Frenkie de Jong Lebih Bebas di Belanda

Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, memberikan peran yang sangat penting bagi Frenkie de Jong. Dia menjadi pusat dari distribusi bola Belanda, baik pada formasi 3-1-4-2 maupun 4-2-3-1.

Sementara, di Barcelona, Frenkie de Jong harus berbagi peran dengan Sergio Busquets.

Lebih lanjut, Frank de Boer bahkan menyebut Barcelona tidak punya rencana yang jelas kepada Frenkie de Jong. Pelatih Ernesro Valverde seolah memaksakan dia bermain di lini tengah tanpa memahami apa yang yang menjadi kelebihannya.

“Saya tidak tahu apa yang ingin dilakukan Valverde dengan dia,” kata mantan pelatih timnas Belanda tersebut.

Frenkie de Jong acap kali disebut sebagai penerus Sergio Busquets di lini tengah Barcelona. Kedua pemain memang punya gaya bermain hampir sama. Tetapi, kini mereka bermain bersama di Barcelona.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?