Ederson Diklaim Siap Eksekusi Penalti di Final Liga Champions Manchester City vs Chelsea

robin -

Ederson

IDNGoal.news – Andai memang diperlukan, Ederson diklaim siap untuk menjadi eksekutor penalti di partai final Liga Champions Manchester City versus Chelsea, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB mendatang.

Ederson sudah pernah menegaskan bahwa jika memang mendapat izin dari Pep Guardiola, maka ia akan dengan senang hati menjadi penendang penalti Manchester City, sebuah hal yang kurang lazim untuk seorang kiper.

Di sisi lain, Manchester City tengah mengalami masalah di sisi tersebut. Belakangan Raheem Sterling hingga Sergio Aguero gagal menunaikan tugasnya dengan baik ketika dipercaya menjadi eksekutor.

Dukungan Scott Carson

Dukungan terhadap Ederson untuk menjadi eksekutor penalti Manchester City andai memang diperlukan pun datang dari rekannya di bawah mistar, Scott Carson.

“Dia telah menghujamkan beberapa tendangan pada saya dan Zack [Steffen] dan itu salah satu di mana Anda benar-benar ingin dia mencetak gol, Anda tidak ingin bola mengenai Anda karena dia menghujamkanmua sekeras itu,” ujar Carson kepada Manchester Evening News.

“Itu menyakitkan! Dia mengambil beberapa tendangan sesekali dan tampaknya sukses menjadi gol dengan mengarah ke jaring bagian samping setiap saat, dan dengan kekuatan. Sungguh luar biasa.” tambahnya.

Skuad Manchester City Sudah Terlatih Adu Penalti

Lebih lanjut, Carson menilai bahwa timnya sudah sangat siap jika memang pemenang pertandingan di Porto nanti bakal harus ditentukan lewat babak adu penalti.

“Setiap hari setelah latihan selesai, para pemain akan datang dan meminta beberapa penalti dan penjaga gawang berusaha memastikan mereka melakukannya dengan benar,” tutur Carson.

“Tempat latihan berbeda dengan stadion dengan penggemar dan tekanan, tetapi kami hanya mencoba untuk membuat mereka jujur dan membuat mereka melakukannya dengan benar. Anda dapat menonton video penalti masa lalu tetapi itu hanya naluri pada malam hari, dan siapa yang menjaga keberanian mereka,” imbuhnya.

Perasaan Kiper Saat Adu Penalti

Tak hanya itu, Carson juga mengungkapkan apa yang biasanya dirasakan seorang penjaga gawang ketika momen adu penalti tiba, apalagi ketika skor terus-menerus imbang dan pada akhirnya kiper harus maju sebagai eksekutor.

“Menjadi penjaga gawang adalah posisi yang bagus karena Anda bisa tampil sebagai pahlawan. Saat adu penalti dimulai, Anda menikmatinya, tetapi ketika jumlahnya mulai meningkat – delapan, sembilan, 10 – maka Anda berpikir ‘Saya akan segera mengambil satu jika saya tidak mengangkat jari saya!’,” kata Carson.

“Saat itulah mulai sedikit gugup, karena ini adalah situasi yang tidak biasa Anda lakukan, di luar zona nyaman Anda,”

“Tapi dua kali saya mengambil penalti dalam adu penalti, saya sukses mencetak gol. Saya telah bermain dalam dua kali adu penalti panjang, satu untuk Inggris U-21 ketika saya mencetak gol, dan satu untuk Derby melawan Carlisle yang juga untungnya menjadi gol.” tukasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?