Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

reza -

Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19.

IDNGoal.news – Timnas Indonesia U-19 menang  1-0 ketika menghadapi Timnas Vietnam U-19 di babak penyisihan Grup A pada hari Sabtu (7/7) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Terdapat fakta-fakta menarik dalam kemenangan tersebut.

Kemenangan itu membawa tim Garuda Muda melaju ke semifinal. Indonesia tinggal menghadapi Thailand pada 9 Juli untuk menentukan posisi juara grup.

Dalam laga kontra Vietnam, Indonesia mendapatkan ujian berat meladeni determinasi tinggi tim lawan. Indonesia yang menguasai jalannya pertandingan pada babak pertama, sangat minim peluang. Sementara, Vietnam memiliki empat peluang walau masih belum terlalu berbahaya.

Indonesia baru bisa memecahkan kebuntuan pada babak kedua. Tepatnya pada menit ke-80, Rafli Mursalim menjebol gawang Vietnam setelah menerima bola rebound hasil tendangan Todd Rivaldo Ferre yang mengenai tiang gawang.

Dengan mengalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 menjadi satu-satunya tim yang mempertahankan kemenangan sejak laga pertama Grup A.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 masih bertahan di puncak klasemen dengan torehan 12 poin. Thailand menempel ketat dengan 10 poin setelah pada matchday keempat mengalahkan Filipina 5-0.

Berikut 3  fakta menarik di balik kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Vietnam.

Kesabaran dan Kerja Sama

Penampilan Timnas Indonesia U-19 pada laga ini apik. Mereka menunjukkan agresivitas, disiplin di lini pertahanan, dan kesabaran untuk membongkar pertahanan Vietnam.

Berdasarkan statistik yang dirangkum Labbola, Indonesia menguasai permainan dengan persentase 68 berbanding 32. Kendati begitu, peluang Vietnam justru lebih banyak.

Tim besutan Hoang Anh Tuan menciptakan peluang lebih banyak, yakni 12 kali, tiga di antaranya mengenai sasaran. Sementara, Indonesia hanya menciptakan tujuh tembakan. Namun, Indonesia mampu memanfaatkan satu-satunya peluang yang tepat sasaran.

80, Angka Krusial

80 menjadi angka krusial bagi Timnas Indonesia U-19 dalam dua laga terakhir. Ya, gol Indonesia ke gawang Vietnam tercipta pada menit ke-80.

Hal yang sama terjadi ketika Witan Sulaiman mengalahkan Filipina 4-1. Empat gol Indonesia dimulai dari menit ke-80, setelah sebelumnya kebobolan 1-0.

Pada duel kontra Vietnam, Rafli Mursalim mencetak gol tepat pada menit ke-80.

Kecerdikan Indra Sjafri

Indra Sjafri layak mendapat apresiasi dalam laga ini. Kejeliannya melakukan pergantian pemain membuahkan hasil. Setelah sulit membongkar pertahanan Vietnam, Indra memasukkan Todd Rivaldo Ferre menggantikan Luthfi Kamal Baharsyah pada babak kedua.

Sementara itu, Rafli Mursalim menggantikan Feby Eka Putra yang tak bisa melanjutkan pertandingan akibat mengalami cedera di paha kiri.

Pergantian pemain itu pun sukses. Todd dan Rafli memiliki kontribusi besar atas terciptanya gol Indonesia pada menit ke-80. Rafli menyambar bola hasil tendangan Todd Ferre yang membentur tiang gawang.

Hadapi Thailand

Thailand akan menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia U-19 di babak penyisihan Grup A. Laga tersebut akan berlangsung pada hari ini, Senin (9/7) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Laga tersebut akan disiarkan langsung oleh Indosiar dan juga dapat disaksikan melalui live streaming berikut ini:

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?