False 9? No.10? Apa Sih Peran Kai Havertz di Chelsea Sekarang?

robin -

Kai Havertz

IDNGoal.news – Kai Havertz nampaknya sudah mendapatkan peran terbaiknya di Chelsea. Kendati demikian, pemain asal Jerman tersebut tidak bisa menjelaskan secara pasti peran yang diberikan oleh sang pelatih, Thomas Tuchel, kepada dirinya.

Havertz menyandang status sebagai pembelian termahal the Blues di musim panas tahun lalu. The Blues harus merogoh kocek senilai 80 juta euro untuk membawanya pergi dari Bayer Leverkusen ke Stamford Bridge.

Selama beberapa bulan, Havertz kesulitan mendapatkan menit bermain. Hal ini dikarenakan performanya yang tidak mencapai ekspektasi publik beserta pelatih Chelsea sebelumnya, Frank Lampard. Alhasil, ia jadi akrab dengan kritikan.

Namun nasibnya berubah semenjak Chelsea memecat Lampard dan menunjuk Tuchel sebagai penggantinya. Belakangan, nama pria berusia 21 tahun tersebut mulai sering terlihat di papan skor sebagai pencetak gol.

Kai Havertz Bingung Sendiri

Dari apa yang terlihat, Tuchel kerap menemepatkan Havertz sebagai penyerang. Entah itu sebagai tandem Timo Werner atau Oliver Giroud dalam format dua penyerang atau ujung tombak ketika the Blues memainkan trio di lini depan.

Ketika bermain sebagai ujung tombak, publik berkesimpulan kalau Havertz memegang peran sebagai ‘false nine’. Namun Havertz sendiri tidak bisa menjelaskan peran seperti apa yang diberikan Tuchel secara rinci.

“Jujur, saya tidak tahu,” kata Havertz saat ditanya soal perannya di Chelsea saat ini, dikutip dari situs resmi klub. “Saya bermain pada suatu tempat di lini depan – No.9, No.10, di antaranya – dan jujur, saya tidak tahu 100 persen,” sambungnya.

Nyaman dengan Posisi yang Sekarang

Meski begitu, Havertz mengaku senang dengan peran yang diberikan oleh Tuchel sejauh ini. Sebab keterlibatannya dalam permainan jadi lebih besar. Karena peran itu juga, Havertz jadi bisa memberikan ancaman ke pertahanan lawan lebih sering.

“Saya menikmati posisi yang sekarang, sebab saya merasa sangat baik di sana. Saya punya banyak striker berkecepatan tinggi di sisi saya sekarang, itu bagus dan saya merasa kalau ini adalah posisi yang sempurna buat saya,” lanjutnya.

“Saya bisa menjadi berbahaya di kotak penalti, bisa menguasai bola lebih sering dan itulah yang saya senangi. Jadi sekarang, ini adalah posisi yang sangat baik untuk saya.”

Havertz kini memegang peranan penting dalam permainan the Blues. “Tahun pertama ini tidak berjalan dengan sangat mudah buat saya, namun saya merasa semakin membaik dan memiliki rasa percaya diri yang lebih besar,” pungkasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?