Francesco Totti 2006/07: Capocannoniere dan Sepatu Emas sang Kaisar Roma

robin -

Francesco Totti

IDNGoal.news – Francesco Totti hanya memperkuat satu klub sepanjang kariernya, yakni AS Roma. Totti membela Roma selama periode 1992-2017. Musim 2006/07 adalah salah satu musim terbaik sang Kaisar Roma.

Totti membawa Roma meraih Scudetto Serie A pada musim 2000/01. Itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Namun, dari segi individual, mungkin tak ada yang menandingi pencapaiannya di musim 2006/07. Waktu itu, Totti meraih satu-satunya gelar Capocannoniere sekaligus satu-satunya Sepatu Emas Eropa dalam karier profesionalnya.

Runner-up Serie A

Musim itu, musim pertama setelah skandal Calciopoli, Roma besutan Luciano Spalletti cuma finis peringkat dua. Roma finis dengan 75 poin, jauh di belakang Inter Milan (97 poin) yang meraih Scudetto ke-15 mereka.

Juara Coppa Italia

Roma kalah bersaing dengan Inter di Serie A. Namun, Roma berjaya saat melawan tim yang sama di final Coppa Italia.

Roma bahkan menang telak dengan agregat 7-4.

Pada leg pertama di Olimpico, Roma menggilas Inter 6-2. Totti, Daniele De Rossi, Simone Perotta, dan Mancini menyumbang masing-masing satu gol, sedangkan Christian Panucci memborong dua.

Pada leg kedua di San Siro, Roma kalah 1-2 oleh gol-gol Hernan Crespo dan Julio Cruz. Namun, itu tak cukup untuk mencegah Roma meraih titel Coppa Italia mereka yang ke-8.

Hancur di Perempat Final Liga Champions

Musim itu, Roma juga gagal di Liga Champions. Langkah mereka dihentikan Manchester United di perempat final.

Roma menang 2-1 lewat gol-gol Rodrigo Taddei dan Mirko Vucinic di Olimpico pada leg pertama. Namun, Roma dihancurkan Manchester United yang diperkuat Cristiano Ronaldo dengan skor 1-7 di Old Trafford pada leg kedua.

Capocannoniere

Totti mencetak 26 gol dalam 35 penampilan untuk Roma di Serie A 2006/07. Totti meraih gelar Capocannoniere, pencetak gol terbanyak.

Totti unggul enam gol atas Cristiano Lucarelli (Livorno) di urutan kedua.

Sepatu Emas

Berkat 26 golnya di Serie A musim itu, Totti juga meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa. Ya, dari segi individual, musim itu adalah musim terbaik sang Kaisar Roma.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?