Gaya Main Sudah Usang, Jurgen Klopp Mulai Berpikir Liverpool Perlu ‘Sepak Bola’ Jenis Baru

admin - Liga Champion

Ekspresi Mohamed Salah di laga Liga Champions 2022/2023 antara Napoli vs Liverpool, Kamis (8/9/2022)

IDNGoal.news – Liverpool pulang tidak hanya dengan kekecewaan, tetapi juga rasa malu. Setelah Liverpool dibantai 1-4 oleh tuan rumah Napoli, manajer Jurgen Klopp bereaksi bahwa mereka memerlukan cara bermain sepak bola yang baru.

Permainan Liverpool terlihat usang saat menghadapi Napoli di Stadio Diego Armando Maradona, Kamis (8/9/20220) dini hari WIB. The Reds pun terpaksa pulang dengan tangan hampa pada laga pembuka Grup A Liga Champions 2022/2023.

Gawang Liverpool dengan mudah diberondong empat gol lewat Andre-Frank Zambo Anguissa, Giovanni Simeone,dan dua golnya Piotr Zielinski. Sementara Liverpool hanya bisa membalas lewat gol Luis Diaz.

Setelah tujuh musim menukangi Liverpool, kini Klopp dihadapkan pada masalah stabilitas tim. Nyaris bermain dengan skuad dan gaya main yang hampir sama dalam beberapa musim terakhir, kini pelatih asal Jerman itu tengah memikirkan cara terbaik untuk menyelamatkan tim.

Antara Baik dan Buruk

Saat ini adalah periode yang sulit bagi Liverpool. Klopp bahkan merasa bahwa permainan Liverpool kini berada di tengah-tengah, antara baik dan buruk.

“Ini adalah periode yang sulit, itu tidak dapat diragukan lagi. Tetapi jika Anda bermain dengan sangat baik, Anda masih dapat bertahan di level yang sangat tinggi,” ucapnya di laman resmi klub.

“Kami mau tidak mau harus bisa melakukannya. Tapi untuk saat ini entah lah, kami seperti berada di antara [baik atau buruk].”

Sepak Bola Jenis Baru

Selama ini Liverpool dikenal dengan intensitasnya ketika menguasai bola dan tidak menguasai bola. Namun, Klopp mulai berpikir soal sepak bola jenis baru.

“Saat ini ada pekerjaan yang masih harus kami lakukan, sehingga kami harus menemukan kembali sepak bola jenis baru. Karena Anda akan selalu mencoba untuk berkembang,” ujar dia.

“Tetapi untuk saat ini, semua pemain tampaknya akan sangat senang jika kami masih mencoba untuk memainkan cara yang sama terlebih dahulu.”

Perbaiki Masalah Dasar

Sembari terus memikirkan sepak bola jenis baru, Klopp menekankan hal-hal mendasar. Hal ini yang dilihatnya tidak ada pada saat Liverpool menelan kekalahan telak.

Prinsip pertahanan tinggi yang biasa dipakai Liverpool dengan mudah dieksploitasi oleh Napoli. Cara para pemain belakang bertahan juga terlalu buruk.

“Jadi saat ini hal lain yang perlu kami lakukan adalah menemukan diri kami kembali. Tampak jelas di sana tidak ada hal-hal mendasar,” tutup dia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?