Gerakan Tolak Gennaro Gattuso Bergolak di Valencia, Ada Masalah Apa Sih?

admin - Liga Spanyol

Mantan pelatih Napoli, Gennaro Gattuso.

IDNGoal.news – Mantan gelandang AC Milan, Gennaro Gattuso, dikabarkan akan segera menjadi pelatih Valencia. Sayangnya, kemunculan rumor tersebut menimbulkan pergolakan di tubuh Los Che.

Valencia menduduki peringkat kesembilan dalam klasemen akhir La Liga musim 2021/22. Pencapaian yang lebih baik dari musim sebelumnya, di mana mereka hanya mampu finis di peringkat ke-13.

Tidak sampai di situ, Valencia juga berhasil mencapai babak final Copa del Rey. Peningkatan prestasi tersebut tidak bisa lepas dari jasa Jose Bordalas selaku pelatih. Namun, Valencia malah memilih untuk pisah jalur dengannya.

Pada hari Jumat (3/6/2022), Valencia mengumumkan bahwa Bordalas telah dipecat dari jabatannya sebagai pelatih. Tepat setelah pengumuman itu keluar, muncul sebuah laporan kalau Gennaro Gattuso akan diangkat sebagai penggantinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

Kontroversi Gattuso Tahun Lalu

Gattuso bukan orang baru di dunia kepelatihan. Ia memulai kariernya sebagai pelatih pada tahun 2013 setelah memutuskan gantung sepatu di Sion. Terakhir, Gattuso menukangi Napoli dan hengkang pada tahun 2021 lalu.

Tidak lama setelah meninggalkan Napoli, tepatnya pada bulan Mei, Gattuso diumumkan sebagai pelatih baru Fiorentina. Tapi yang mengejutkan adalah keduanya berpisah selang beberapa hari setelah Gattuso diresmikan sebagai pelatih baru.

Fiorentina membatalkan kontrak usai menolak permintaan pemain yang ditawarkan agen Gattuso, Jorge Mendes. Sang superagen menawarkan pemain-pemain yang merupakan kliennya kepada La Viola dengan embel-embel permintaan Gattuso.

Mendes kembali melakukan aksinya tahun ini. Pada awal pekan ini, muncul pemberitaan bahwa Valencia sepakat menunjuk Gattuso sebagai pelatih baru setelah Peter Lim selaku pemilik klub bertemu Mendes di Singapura.

Gerakan Menolak Gattuso di Valencia

Mendes mewakili Gattuso di pertemuan itu, juga pemain-pemain yang diminta oleh pria asal Italia tersebut. Lagi-lagi, ia memperkenalkan kliennya kepada Valencia dengan dalih permintaan Gattuso di bursa transfer musim panas ini.

Rumor kedekatan klub dengan Gattuso menimbulkan huru-hara di tubuh Valencia. Pendukung setia Los Che membanjiri media sosial dengan menyebarkan tagar #NoGattuso sebagai bentuk protes atas pendekatan klub terhadap Gattuso.

Legenda Valencia, Santiago Canizares, juga ikut turun tangan menyuarakan penolakan. Ia menyebut Gattuso sebagai “anak Mendes yang bekerja sama dengan sang agen untuk membuat tim percontohan.”

Dalam video yang diunggah di Youtube, Canizares menjelaskan: “Kalau dia akan menjadi pelatih baru Valencia, tidak adakan ada analisa sepak bola yang terjadi. Apakah tepat buat seorang agen untuk mengendalikan klub melalui pelatih? Saya tidak yakin ini metode yang bagus.”

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?