Hadapi Musim Baru, Ini PR yang Harus Dituntaskan Klopp di Liverpool

robin -

Jurgen Klopp

IDNGoal.news – Liverpool harus bangkit lagi pada musim 2021-22 ini dan untuk bisa melakukan itu, ada sejumlah hal yang harus dibenahi oleh Jurgen Klopp.

Liverpool cukup babak belur pada musim 2020-21 kemarin. Mereka bernasib sial karena banyak pemainnya silih berganti cedera.

Mulai dari lini belakang, tengah dan depan. Apesnya lagi, lini serang juga sedang mengalami penurunan performa kecuali Mohamed Salah.

Di penghujung kompetisi, Liverpool tampil lebih baik. Pada akhirnya mereka bisa finis di posisi empat besar Premier League.

Namun demikian, menurut Bolanet, masih ada sejumlah PR yang harus dikerjakan oleh Klopp jika ingin Liverpool bangkit dan bersaing meraih gelar juara lagi baik di Premier League maupun Liga Champions. Apa saja PR itu?

Cari Pelapis Trent

Pos bek sayap kanan menjadi salah satu kunci ngerinya lini serang Liverpool. Pos itu kini diisi oleh Trent Alexander-Arnold yang bisa menjalankan tugasnya dengan sangat apik.

Ia tak cuma bertahan dengan apik. Akan tetapi ia juga sangat berbahaya saat menyerang. Visinya luar biasa.

Umpan-umpan crossingnya akurat dan kadang bisa tak terduga. Ia juga bisa menyumbangkan gol. Ia pun bahkan dilabeli sebagai playmaker Liverpool.

Sayangnya Liverpool tak punya pelapis yang sepadan. Neco Williams? Levelnya masih sangat jauh di bawah Liverpool.

Liverpool harus mencari pemain yang setidaknya satu atau dua level di bawahnya. Trent tak bisa terus menerus dimainkan. Musim lalu performanya menurun karena ia jelas keletihan.

Asah Tsimikas

Hal yang sama juga berlaku di pos bek sayap kiri. Di sana ada Andrew Robertson. Semua tahu bagaimana militannya permainan pria Skotlandia tersebut.

Ia kokoh dalam bertahan. Namun ia juga ciamik dalam menyerang. Umpan-umpan crossingnya juga sangat akurat dan berbahaya.

Namun ia juga tak punya pelapis yang sepadan. Liverpool memang sudah membeli Kostas Tsimikas.

Akan tetapi, ia kesulitan untuk bisa bermain sesuai harapan. Alhasil ketika Robertson tak dalam permainan terbaiknya pun, Tsimikas tetap tak dipercaya bermain.

Pemain Yunani ini sepertinya juga punya umpan-umpan yang apik. Kini tergantung pada Jurgen Klopp; terus mengasahnya atau mungkin cari saja bek kiri baru.

Percepat Adaptasi Konate

Liverpool akhirnya punya bek tengah baru. Bukan bek yang asal comot karena keadaan darurat. Mereka merekrut Ibrahima Konate dari RB Leipzig.

Konate digadang-gadang jadi pemain kelas dunia. Ia juga disebut bakal jadi penerus Virgil van Dijk.

Idealnya tak perlu buru-buru bagi Liverpool untuk segera memainkannya secara reguler. Apalagi The Reds masih punya Joe Gomez dan Joel Matip untuk dijadikan partner bagi Van Dijk.

Tapi, ada hal yang membuat Jurgen Klopp pasti cemas. Gomez dan Matip sosok pemain yang rawan cedera.
Jadi mau tak mau Konate harus lekas beradaptasi.

Cari Pengganti Wijnaldum

Georginio Wijnaldum memang tak setenar trio lini serang Liverpool. Ia juga masih kalah tenar dari Jordan Henderson dan Virgil van Dijk.

Namun Gini punya peran penting di lini tengah. Ia sosok press-resistant yang membuat lawan kesulitan mencuri bola darinya dan dengan demikian Liverpool tetap bisa mempertahankan penguasaan bola khususnya di lini tengah.

Pemain Belanda ini juga yang membuat Andrew Robertson bisa bergerak membantu lini serang. Ia juga menjaga bola tetap mengalir ke depan dengan operan-operan (pendeknya) yang akurat.

Dan di saat krusial, ia sesekali bisa menyumbangkan gol. Contohnya saja saat melawan Barcelona di Liga Champions.

Selain itu ia juga pemain yang serba bisa. Ia bisa dimainkan di sebagai gelandang tengah, gelandang bertahan, dan gelandang serang. Bek tengah? Tak masalah. Ia bisa menjalankan semua peran itu dengan kecerdasannya. Ia juga sosok yang sangat profesional.

Jadi siapa sosok yang layak menggantikannya? Banyak nama dikaitkan dengan Liverpool. Namun belum ada satu pemain pun yang sepertinya bakal merapat ke Anfield sejauh ini.

Pelapis Lini Serang

Trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino memang masih belum tergantikan. Sekarang mereka makin oke dengan kehadiran Diogo Jota.

Namun Liverpool masih tetap harus mencari pelapis lagi. Sebab jadwal tanding Liverpool masih sangat padat.

Belum lagi, nanti Mane dan Salah harus absen sebulan di awal tahun 2022. Mereka akan ikut berpartisipasi di Piala Afrika.

Liverpool sendiri kabarnya akan melepas Divock Origi dan Xherdan Shaqiri. Jadi mereka akan kekurangan pelapis. Memang masih ada Takumi Minamino. Namun sejauh ini tampaknya penampilannya belum sesuai standar The Reds.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?