Hasil Pertandingan Swansea vs Manchester City: Skor 2-3

reza - Liga Inggris

Swansea vs Manchester City

IDNGoal.news – Manchester City berhasil mengalahkan Swansea dengan skor tipis 3-2 pada laga lanjutan FA Cup 2018/19, Minggu (17/3) dini hari WIB. Kemenangan ini mengantarkan Man City ke semifinal dan semakin dekat dengan trofi juara.

Swansea sebenarnya bermain apik dan sempat unggul dua gol terlebih dahulu. Namun, kualitas Man City jadi pembeda pada pertandingan ini. Sergio Aguero jadi pemain krusial meski baru bermain di babak kedua.

Permainan Swansea patut diapresiasi. Dua gol Man City sedikit kontroversial, tepatnya gol bunuh diri Kristoffer Nordfeldt yang dimulai dari eksekusi penalti Sergio Aguero, serta gol Aguero sendiri di pengujung laga.

Babak Pertama

Man City langsung menyerang begitu pertandingan dimulai dan mendapatkan tendangan sudut pertama saat laga belum berjalan 30 detik. Pasukan Pep Guardiola tampil begitu dominan dan membuat Swansea tak berkutik.

Leroy Sane mendapatkan peluang mencetak gol di menit keenam. Sane melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi bola berhasil dibendung Nordfeldt. Bola yang melayang di udara berhasil disundul Riyad Mahrez tetapi masih kurang terarah.

Swansea baru bisa melepaskan diri dari tekanan setelah laga berjalan 10 menit. Mereka mengandalkan serangan balik cepat begitu berhasil merebut bola di daerah pertahanannya sendiri.

Perjuangan Swansea terbayar saat babak pertama belum genap berjalan separuh. Fabian Delph menjatuhkan Roberts di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih.

Tanpa ampun, Matt Grimes mengeksekusi penalti dengan sempurna ke sisi kanan gawang Ederson Moraes yang melompat ke kiri. Swansea 1-0 Man City di menit ke-19.

Unggul satu gol, Swansea tidak mengubah permainan mereka. Tampaknya mereka sadar cara terbaik mengatasi Man City adalah dengan memanfaatkan serangan balik

Terbukti, Swansea berhasil memperbesar keunggulan mereka. Lagi-lagi melalui serangan balik, Swansea menjebol gawang Ederson dengan gaya bermain yang biasanya diterapkan Man City.

Swansea memulai serangan cepat dari belakang. Bola berada di kaki James yang kemudian mengalirkannya kepada Dyer. Dyer kemudian melepaskan umpan ke Celina yang memanfaatkan umpan matang tersebut dengan tembakan melengkung ke gawang Ederson.

Swansea 2-0 Man City di menit ke-29.

Man City bukannya tanpa perlawanan. Juara bertahan Premier League ini mendapatkan banyak peluang tetapi tidak ada satu pun yang maksimal.

David Silva bahkan mendapatkan peluang emas di depan gawang kosong. Sayangnya tembakan Silva masih bisa dihadang Roberts, heroik.

Hingga memasuki paruh waktu, Swansea tetap unggul dua gol tanpa balas.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Swansea tampil lebih kukuh saat bertahan dan kembali memanfaatkan serangan-serangan balik. Swansea tampak puas dengan keunggulan 2-0 dan ingin mempertahankannya.

Man City berusaha lebih banyak menguasai bola untuk membangun serangan, tetapi Swansea menumpuk banyak pemain di kotak penalti dan membuat barisan penyerang Man City kesulitan.

Terus menyerang, Man City akhirnya pecah telur. Keputusan Guardiola memainkan Sergio Aguero sangat tepat, penyerang Argentina itu menambah daya gedor Man City.

Aguero mendapatkan bola matang di dalam kotak penalti tetapi tembakannya membentur pemain lawan. Bola liar berhasil direbut kembali oleh Aguero yang kemudian menyodorkannya ke Bernardo Silva.

Silva kemudian melepaskan tembakan apik dari sisi kanan gawang Nordfeldt. Tak terbendung, Man City berhasil memperkecil ketinggalan. Swansea 2-1 Man City di menit ke-69.

Sukses mencetak gol, Man City tampil kian beringas. Sterling dijatuhkan Carter-Vickers di kotak penalti dan wasit menunjuk titik putih. Keputusan wasit sedikit diragukan sebab Carter-Vickers tampak menyentuh bola.

Bagaimanapun, Aguero maju sebagai eksekutor penalti dan menuntaskan tugasnya dengan baik, Meski bola sempat menyentuh tiang gawang, akhirnya bola masuk setelah menyentuh kaki Nodrfeldt. Swansea 2-2 Man City di menit ke-79.

Aguero kemudian membuat Man City berbalik unggul dengan golnya di menit ke-89. Memanfaatkan umpan silang bernardo Silva, penyerang Argentina ini melepaskan sundulan sambil menjatuhkan tubuh.

Gol ini sedikit berbau offside, sayangnya laga FA Cup kali ini tanpa VAR. Man City diunggulkan dengan dua gol yang sedikit kontroversial. Skor akhir Swansea 2-3 Man City.

Susunan Pemain

Swansea XI: Nordfeldt, Roberts, Van der Hoorn, Carter-Vickers, Grimes, Fulton (86′ Cian Harries), Celina, Byers (73′ Declan John), Dyer (60′ Joel Asoro), James, Routledge

Man City XI: Ederson, Walker, Otamendi, Laporte, Delph (57′ Oleksandr Zinchenko), Gundogan, David Silva, Bernardo Silva, Sane (21′ Raheem Sterling), Mahrez (64′ Sergio Aguero), Jesus

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?