Inikah Tanda-tanda Penurunan Performa Virgil Van Dijk? Dua Penalti untuk Lawan dalam Tujuh Pertandingan Terakhir

admin - Liga Champion

Virgil van Dijk saat melanggar Victor Osimhen di laga Napoli vs Liverpool di matchday 1 UCL 2022/2023 di Diego Armando Maradona, Kamis (08/09/2022) dini hari WIB.

IDNGoal.news – Liverpool sedang mengalami penurunan performa dibandingkan musim lalu. Salah satu faktornya bisa dilihat saat Virgil van Dijk sudah memberikan dua penalti kepada lawan dalam tujuh laganya bersama Liverpool.

Van Dijk selama ini selalu dianggap jadi komponen penting di lini pertahanan. Tanpa dirinya, Liverpool seperti kekurangan sesuatu.

Hal itu terekam saat Van Dijk harus absen lama di musim 2020/2021. Selama 45 laga tanpa pemain berusia 31 tahun tersebut, Liverpool seakan kehilangan sesuatu.

Van Dijk kini sudah mendapatkan tempat reguler di tim utama, sejak musim 2021/2022. Namun, performanya justru turun dibandingkan musim lalu.

Tidak Pernah Penalti

Penalti pertama yang diberikan Van Dijk terjadi pada pekan ke-1 Liga Inggris 2022/2023 menghadapi Fulham. Van Dijk melakukan pelanggaran terhadap Aleksandr Mitrovic di kotak terlarang.

Mitrovic yang maju sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya. Fulham menggetarkan gawang Liverpool untuk kali kedua di menit ke-72, meski kemudian pertandingan berakhir imbang 2-2.

Menurut catatan dari Football Liverpool, The Reds tidak pernah memberikan penalti kepada lawan sepanjang musim 2021/2022, periode kembalinya Van Dijk ke dalam tim. Namun, Van Dijk juga lah yang menjadi sosok di balik penalti pertama yang diberikan Liverpool kepada lawan.

Rekor Buruk

Enam pertandingan setelahnya, Van Dijk melakukan hal yang sama. Kali ini ia melanggar Victor Osimhen saat berhadapan dengan Napoli pada pekan ke-1 Grup A Liga Champions 2022/2023.

Osimhen juga yang maju sebagai eksekutor penalti di menit ke-15. Namun, ia gagal menunaikan tugasnya setelah tembakannya ditepis kiper Allison Becker. Meskipun Napoli pada akhirnya tetap menang 4-1.

Berdasarkan catatan ESPN, dua penalti yang diberikan Van Dijk dalam tujuh laga terakhir bersama Liverpool menjadi rekor buruk. Sebab, pemain asal Belanda ini tidak pernah sekalipun memberikan penalti dalam 150 laganya bersama Liverpool.

Lini Pertahanan yang Buruk

Van Dijk yang kini tidak dalam performa terbaiknya membuat pertahanan Liverpool sangat buruk. Dalam enam laga di Liga Inggris saja, The Reds sudah kemasukan enam gol.

Catatannya di Liga Champions jauh lebih buruk. Baru satu pertandingan, gawang Liverpool sudah kebobolan empat kali. Itu berarti dalam tujuh laga, ada sepuluh bola yang berhasil menggetarkan jala gawang Liverpool.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?