Inilah 3 Wasit Wanita yang Akan Bertugas di Piala Dunia 2022, Salah Satunya dari Jepang

admin - Piala Dunia

Yoshimi Yamashita wasit wanita asal Jepang.

IDNGoal.news – Tiga wasit wanita akan bertugas di Piala Dunia 2022. Ini pertama kalinya wanita akan memimpin jalannya pertandingan sepak bola pria di turnamen terbesar di dunia.

Tiga wasit wanita tersebut masuk dalam 36 wasit yang telah FIFA pilih untuk memimpin laga di Piala Dunia 2022. Ketiganya berasal dari negara dan benua yang berbeda.

Para wasit wanita yang bakal memimpin laga Piala Dunia 2022 yakni Stephanie Frappart (38 tahun). Dua lainnya yakni Yoshimi Yamashita 36, dan Salima Mukansanga yang berusia 33 tahun.

Terkait kiprah ketiga wasit ini tentunya sangat layak publik nantikan di ajang ini. Piala Dunia 2022 bakal berlangsung di Qatar mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

Sebelum menyaksikan kiprah tiga wasit ini, simak terlebih dahulu profil ketiganya. Profil ini yang membuat FIFA memberikan kepercayaan kepada mereka bertugas di Piala Dunia 2022.

1. Stephanie Frappart

Frappart bisa merupakan yang paling terkenal dari ketiga wasit wanita di Piala Dunia 2022. Dia merupakan wasit kelahiran Prancis.

Wasit berusia 38 tahun itu pernah bertugas di final Piala Dunia Wanita 2019. Di ajang domestik, dia pernah memimpin laga Piala Super Eropa antara Liverpool dan Chelsea pada akhir 2019.

Pada Desember 2020, Frappart menjadi wanita pertama yang menjadi wasit di Liga Champions UEFA putra. Laga debutnya saat Juventus meraih kemenangan 3-0 atas Dynamo Kyiv.

2. Yoshimi Yamashita

Wasit wanita asal Jepang, Yamashita, juga telah membuat sejarah Liga Champions Asia. Dia adalah wasit wanita pertama yang memimpin laga Liga Champions AFC Asia pada awal 2022.

Sebelumnya, AFC juga kerap memimpin Piala AFC pria. Pertandingan pria internasional pertama yang dia pimpin yakni laga AFC Cup antara Yangon United FC dari Myanmar vs Dragon World dari Kamboja.

3. Salima Mukansanga

Bagi Mukansanga, Piala Dunia 2022 akan menjadi turnamen internasional pria besar keduanya dalam waktu kurang dari 12 bulan. Wasit asal Rwanda ini pernah memimpin laga di Piala Afrika awal tahun ini.

Laga yang Mukansanga pimpin yakni saat Zimbabwe bertemu Guinea di babak penyisihan grup. Di laga ini, tiga asisten Mukansanga juga para wanita.

Tiga asisten wasit juga wanita

Tidak hanya tiga wasit wanita, FIFA juga menunjuk tiga asisten wasit wanita yang bakal terlibat di Piala Dunia 2022. Ketiganya berasal dari benua Amerika.

Tiga asisten wasit wanita tersebut yakni dari Brasil Neuza Back. Lalu dua lainnya berasal dari Meksiko Karen Diaz Medina dan Amerika Serikat Kathryn Nesbitt.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?