Jose Mourinho, Pelatih yang Sering Didenda FA

reza - Liga Inggris

Jose Mourinho

IDNGoal.news – Pelatih Manchester United Jose Mourinho memang dikenal sebagai sosok yang gemar menyulut kontroversi dengan komentar-komentar pedasnya. Beberapa bulan terakhir, dia terus mengkritik media, tim, dan pemainnya di hadapan media.

Saat ini Mourinho tengah bersiap diselidiki FA (federasi sepak bola Inggris) sehubungan dengan komentarnya di sempadan lapangan setelah MU meraih kemenangan dramatis atas Newcastle (3-2) beberapa hari lalu.

Mourinho tertangkap kamera meninggalkan Old Trafford sambil berbicara dengan bahasa Portugis. Dia dapat dikenai hukuman larangan mendampingi tim di bangku cadangan jika terbukti menggunakan bahasa yang ofensif, menghina atau kasar.

Namun, ternyata bukan kali ini saja Mourinho didenda dan dihukum FA. Menukil Sky Sports, Mourinho telah membayar denda sebesar £295.000 pada FA.

Masa Pertama di Chelsea

Jose Mourinho

Pada Januari 2005, Mourinho didenda 5000 paun karena menuduh Manchester United telah berbuat curang di leg pertama semifinal Piala Liga.

Dua bulan kemudian, dia didenda £8.900 dan dilarang mendampingi tim selama dua pertandingan oleh UEFA setelah kekalahan Chelsea dari Barcelona, saat dia mengklaim melihat Frank Rijkaard berbicara pada wasit Anders Frisk.

Pada Agustus 2005, dia didenda £75.000 yang sebelumnya sebesar £200.000 karena perannya dalam transfer kontroversial Ashley Cole dari Arsenal ke Chelsea.

Masa Kedua di Chelsea

Jose Mourinho

Mourinho kembali ke Chelsea pada 2013. Dia pun menerima denda £8.000 pada Oktober 2013 setelah diusir keluar wasit Anthony Taylor dalam kemenangan Chelsea 4-1 atas Cardiff City.

Sebulan kemudian, dia sekali lagi didenda £8.000 menyusul pengusirannya ke bangku penonton oleh wasit Chris Foy saat Chelsea kalah dari Aston Villa.

Mourinho selalu bermasalah dengan wasit. Dia menerima denda sebesar £10.000 karena melontarkan komentar sarkastis pada wasit Mike Dean.

Di tahun yang sama, pada bulan Desember, Mourinho mengeluhkan insiden penalti yang seharusnya diberikan pada Cesc Fabregas di laga Chelsea kontra Southampton. Dia didenda £25.000.

Kemudian, Mourinho juga dilarang mendampingi Chelsea di satu pertandingan dan didenda £40.000 setelah mengakui pelanggaran pada FA pasca insiden dengan wasit Jos Moss ketika timnya kalah dari West Ham.

Pada Oktober 2015, Mourinho juga didenda £50.000 dan larangan mendampingi tim dalam satu pertandingan setelah menuding wasit ‘takut’ memberi hadiah penalti pada Chelsea.

Mourinho di Manchester

Jose Mourinho

Sosok 55 tahun ini dihukum tiga kali dalam enam pekan oleh FA pada akhir 2016 dan dia menerima denda di masing-masing kasus tersebut.

Dia didenda £50.000 karena komentar tak pantas soal wasit Anthony Taylor jelang laga MU kontra Liverpool. Mourinho juga dilarang mendampingin tim dalam satu laga dan didenda £8.000 menyusul insiden dengan Mark Clattenburg di laga kontra Burnley.

Setelah itu, Mourinho juga dihukum larangan satu laga dan didenda £16.000 serta diusir ke bangku penonton karena menendang botol minum di laga kontra West Ham.

Sebenarnya masih banyak insiden Mourinho lainnya, di Real Madrid dan Inter Milan. Pada umumnya, The Special One dihukum dan didenda terkait masalah dengan wasit.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?