Jose Mourinho: Sering Dipecat, tapi Kaya Raya!

robin -

Jose Mourinho

IDNGoal.news – Jose Mourinho punya catatan menarik di karier manajerialnya. Mourinho sering dipecat, tapi dia jadi kaya raya lewat pemecatan tersebut.

Betapa tidak, dalam tiga tahun terakhir saja Mourinho sudah tiga kali berganti klub. Dia dipecat Manchester United tahun 2018, dipecat Tottenham tahun 2021, dan kini masih melatih AS Roma.

Jika rentang waktunya ditarik lebih panjang, Mourinho telah melatih 5 klub berbeda dalam 10 tahun terakhir. 3 di antaranya adalah klub-klub Inggris.

Menariknya, meski dipecat Mourinho justru kaya raya karena selalu mendapatkan kompensasi setiap kali dipecat. Mengapa begitu?

Kompensasi pemecatan

Mengyutip 101 Great Goals, di Premier League ada aturan Managerial Payouts setiap kali seorang pelatih dipecat. Aturan ini juga berlaku di liga-liga lain di Eropa.

Setiap pelatih diikat kontrak dengan durasi tertentu. Jika klub memutus kontrak di tengah jalan, artinya klub tersebut harus siap membayar kompensasi tertentu.

101 Great Goals melakukan riset dalam rentang 10 tahun terakhir Premier League (2011/12 – 2020/21) untuk mencari pelatih dengan pendapatan terbesar meski harus dipecat di tengah jalan.

Menariknya, nama Jose Mourinho muncul di peringkat pertama.

Mourinho: Dipecat, tapi kaya raya

Dalam 10 tahun terakhir, Mourinho tiga kali dipecat di Premier League. Dia dipecat Chelsea tahun 2015, dipecat MU tahun 2018, dan dipecat Tottenham tahun 2021.

Dari tiga pemecatan ini saja Mourinho mendapatkan pesangon yang cukup besar. Menurut 101 Great Goals, Mourinho mengantongi sekitar 97 juta pounds atau sekitar 1,8 triliun rupiah.

Mourinho unggul jauh dari pesaing-pesaing terdekatnya. Di peringkat dua ada Mauricio Pochettino, Antonio Conte, Harry Redknapp, dan Manuel Pellegrini.

Artinya, meski dipecat, Mourinho tidak benar-benar menderita.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?