Jurgen Klopp Munafik? Dulu Nyinyir Transfer 100 Juta Euro Paul Pogba, Kini Beli Darwin Nunez!

admin - Liga Inggris

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp usai final Liga Champions 2021/22

IDNGoal.news – 2016 lalu, Jurgen Klopp nyinyir saat Manchester United membeli Paul Pogba dengan harga mahal pada 2016 lalu. Kini, Klopp justru melakukan hal yang sama pada transfer Darwin Nunez.

Jurgen Klopp memulai tugasnya sebagai manajer Liverpool pada Oktober 2015. Saat itu, kondisi Liverpool tidak cukup ideal. Tidak ada belanja besar yang disiapkan klub untuk Klopp membangun tim.

Situasi yang sama terjadi pada awal musim 2016/2017. Itu adalah musim ketika United membuat gebrakan besar. Setan Merah memulangkan Paul Pogba dari Juventus dengan harga 105 juta euro.

Pada musim yang sama, pembelian paling mahal Liverpool adalah Sadio Mane. Dia dibeli dari Southampton dengan harga 41 juta euro. Klopp pun nyinyir dengan transfer Pogba.

Nyinyiran Jurgen Klopp

Selain Sadio Mane, Liverpool membeli Gini Wijnaldum, Loris Karius, Joel Matip, dan Ragnar Klavan pada awal musim 2016/2017. Dari nama-nama itu, jumlah transfer mereka tidak sampai harga beli Pogba.

Klopp kemudian membuat nyinyiran yang cukup melegenda untuk kebijakan transfer Manchester United.

“Hari di mana menghabiskan 100 juta pounds adalah sepak bola, saya tidak bekerja lagi, karena permainan adalah tentang bermain bersama,” kata Klopp ketika itu.

“Begitulah cara semua orang di sepakbola memahaminya. Anda selalu ingin memiliki yang terbaik, tetapi membangun grup diperlukan untuk menjadi sukses,” sambung manajer asal Jerman tersebut.

Membangun Tim Dengan Cara Berbeda

“Klub lain bisa keluar dan belanja lebih banyak uang dan mengumpulkan pemain top. Saya ingin melakukannya secara berbeda. Saya bahkan akan melakukannya secara berbeda jika saya bisa menghabiskan uang itu,” kata Klopp.

Klopp memang tidak belanja mahal pada musim 2016/2017. Tapi, pada musim-musim berkutnya, Klopp mulai belanja pemain dengan harga cukup mahal. Sebut saja Alisson (62,5 juta euro), Naby Keita (60 juta euro), Fabinho (45 juta euro).

Transfer paling mahal Liverpool pada era Klopp adalah Virgil van Dijk. Bek asal Belanda itu dibeli dengan harga 84,6 juta euro dari Southampton. Klopp masih belum belanja pemain yang lebih mahal atau sama dengan harga Pogba.

Jurgen Klopp Munafik?

Tujuh tahun setelah komentar nyinyir untuk transfer Paul Pogba ke Manchester United, Klopp menelan ludahnya sendiri. Liverpool membeli Darwin Nunez dari Benfica dengan kesepakatan total mencapai 100 juta euro.

Liverpool membeli Nunez dengan harga yang hampir sama dengan harga Paul Pogba pada 2016 lalu.

Benfica telah mengkonfirmasi nilai transfer Nunez. Mereka akan mendapat 75 juta euro dari Liverpool dan sejumlah klausul bonus yang membuat transfer pemain 22 tahun itu menjadi 100 juta euro.

Nunez kabarnya akan mendapat kontrak berdurasi enam tahun alias hingga 30 Juni 2028 mendatang dengan gaji di bawah kisaran 250 ribu poundsterling per pekan. Dia langsung menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Liverpool.

Pernyataan Klopp 2016 Masih Relevan?

Jurgen Klopp telah mengingkari apa yang dikatakan pada 2016 lalu. Klopp membeli Darwin Nunez dengan kesepakatan total mencapai 100 juta euro. Klopp mengingkari prinsip ‘membangun tim dengan cara yang berbeda’.

Tapi, apakah pernyataan Klopp pada 2016 tersebut masih relevan?

Bisa jadi ya. Sebab, 100 juta euro untuk satu pemain masih tergolong harga yang sangat mahal. Belum banyak pemain yang dihargai semahal itu sejak kepindahan Pogba ke United pada 2016.

Tapi, Klopp tidak sepenuhnya ingkar pada pernyataan yang dibuatnya. Sebelum Nunez, Liverpool sangat ketat dan efektif dalam belanja pemain. Sebagai contoh, Liverpool mendapatkan Mohamed Salah dengan harga 42 juta euro dan Andy Robertson dengan harga 9 juta euro.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?