Kapten Liverpool Dukung Hukuman Lebih Berat untuk Pelaku Pelecehan Rasisme

robin - Liga Inggris

Jordan Henderson

IDNGoal.news – Kapten Liverpool, Jordan Henderson mendesak agar pihak berwenang menjatuhkan hukuman lebih berat bagi para pelaku pelecehan berbau rasisme di sepak bola.

Kasus rasisme di sepak bola memang hingga kini belum bisa hilang meski kampanye perlawanan sudah gencar dilakukan di mana-mana.

Bahkan, pelecehan berbau rasisme kembali marak terjadi akhir-akhir ini, mulai dari di Inggris, Italia, hingga di Bulgaria beberapa waktu lalu.

Terbaru, pemain Manchester United, Fred dan Jesse Lingard mendapat perlakuan rasis dari seorang suporter dalam laga derby kontra Manchester City akhir pekan kemarin.

Ajakan Henderson

Henderson mengakui bahwa rasisme menjadi isu penting yang harus dilawan di sepak bola. Pemain internasional Inggris itu pun mendesak semua pihak bersatu melawannya.

“Ini adalah topik yang mungkin sedikit banyak kami bicarakan saat ini, terutama dengan apa yang saya alami ketika menjalani tugas internasional baru-baru ini,” ujar Henderson merujuk pada pelecehan di Bulgaria seperti dikutip Sportsmole.

“Ini bukan topik yang enak untuk dibicarakan, tapi kita harus bersatu dari pemain, klub, suporter dan memulai melawannya kembali, dengan hukuman yang lebih berat, edukasi lebih gencar,” tambahnya.

Tak Bisa Berpura-pura

Isu rasisme seringkali disikapi dengan abai, termasuk di dunia sepak bola. Namun Henderson menegaskan bahwa masalah ini sudah sangat pelik.

“Ini adalah sebuah masalah. Kita tak bisa berpura-pura ini terjadi di semua negara lain dan tidak di negara kita. Ini terjadi di mana-mana. Kita harus melawannya sebaik yang kita bisa,” tegas Henderson.

Henderson saat ini tengah berkonsentrasi memperkuat Liverpool yang akan menjalani laga penentuan di fase grup Liga Champions melawan tuan rumah Red Bull Salzburg.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?